Bupati Lima Puluh Kota Pimpin Upacara Peringatan Harlah Pancasila Tahun 2024

Bupati Lima Puluh Kota Pimpin Upacara Peringatan Harlah Pancasila Tahun 2024

TOPSUMBAR – Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin memimpin upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila tahun 2024 di halaman Kantor Bupati Limapuluh Kota, Sarilamak, pada Sabtu 1 Juni 2024.

Dalam upacara tersebut, Safaruddin membacakan pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia.

Dalam pidatonya, Safaruddin menegaskan bahwa Pancasila, dengan segala nilai-nilainya, menyatukan bangsa Indonesia yang majemuk dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Bacaan Lainnya

“Pancasila menjadi bintang pemandu yang mengarahkan kehidupan bangsa agar selaras dengan cita-cita pendirian negara,” ujar Safaruddin.

Upacara tersebut mengangkat tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” yang turut dihadiri oleh Jajaran Forkopimda, perangkat ASN Lingkung Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota.

Kemudian POLRI, tokoh masyarakat, pelajar, hingga mahasiswa turut hadir pada upacara tersebut.

Safaruddin dalam kesempatan tersebut juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Sebagai dasar negara, Pancasila telah terbukti dapat menyatukan kita untuk menghadapi berbagai gelombang tantangan serta ujian sejarah. Sehingga Indonesia dapat berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar hingga saat ini,” ucapnya.

Lebih lanjut, Safaruddin menyoroti perkembangan situasi global yang ditandai dengan pesatnya kemajuan teknologi komunikasi.

Ia menegaskan bahwa Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

“Dengan semangat yang terkandung dalam Pancasila, saya yakin bangsa Indonesia dapat mengatasi seluruh tantangan yang dihadapi. Bahkan Indonesia masih tetap menjaga stabilitas ekonomi, sosial, hingga politik disaat krisis global yang tengah dihadapi,” tambahnya.

Mengakhiri pidatonya, Safaruddin mengajak seluruh elemen bangsa secara bersama-sama merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

“Mari kita bekerja sama dalam menjaga kerukunan serta keutuhan dalam wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga di peringatan Harlh Pancasila ini dapat menambah semangat kita agar dapat mengamalkan nilai Pancasila. Hal ini demi mewujudkan Indonesia yang maju, adil, makmur, serta berwibara di kancah dunia,” tutupnya.

“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” tuturnya.

Setelah pelaksanaan upacara, Bupati Lima Puluh Kota disaksikan oleh unsur Forkopimda, juga melakukan pengukuhan Purna Paskibraka 2023.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait