Bupati Dorong Generasi Qurani Wujudkan Masyarakat Madani di Lima Puluh Kota

Bupati Dorong Generasi Qurani Wujudkan Masyarakat Madani di Lima Puluh Kota

TOPSUMBAR – Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin meyakini bahwa generasi muda yang hafal Alquran (Qurani) adalah kunci untuk mewujudkan masyarakat madani di daerahnya.

Hal ini disampaikannya saat membuka acara Wisuda Tahfidz Alquran dan Perpisahan Siswa/i MTsN 2 Lima Puluh Kota di Limbanang, Suliki, pada Senin 3 Juni 2024.

“Dengan adanya generasi Qurani, masyarakat madani yang berlandaskan pada akhlak mulia dengan karakter yang baik dapat terwujud,” ujar Safaruddin.

Bacaan Lainnya

Ia pun menegaskan komitmen Pemkab Lima Puluh Kota untuk mendukung penuh program tahfidz Alquran. Bahkan, program ini telah menjadi salah satu syarat kelulusan sekolah di Lima Puluh Kota.

“Di hari yang sama ini, juga dilaksanakan Wisuda Tahfidz Alquran serta perpisahan di empat sekolah lainnya. Alhamdulillah berkat kegiatan ini dapat terlaksana berkat kerjakeras dan dukungan dari Kemenag, sekolah, wali murid, masyarakat, serta semua unsur yang terlibat,” terangnya.

Lebih lanjut, ia berpesan kepada para siswa yang telah lulus agar tidak berhenti belajar dan mengaji, bergaul dengan lingkungan yang baik, dan menjadi contoh edukatif bagi lingkungan sekitar.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Lima Puluh Kota, Irwan, merasa bangga terhadap siswa yang mengikuti wisuda tersebut karena sudah hafal minimal 1 juz Alquran.

“Yang menarik ialah, perubahan orientasi yang telah dilakukan dapat sejalan dengan apa yang selalu disampaikan oleh Bupati kita. Ini semua demi mewujudkan masyarakat madani yang beradat, berbudaya berlandaskan ABS-SBK,” jelas Irwan.

Ia menjelaskan bahwa menghafal Alquran minimal 1 juz menjadi pondasi untuk membangun masyarakat yang berakhlak dan berkarakter.

Di sisi lain, Wali Nagari Limbanang, Yori Noviola, mengatakan program tahfidz Alquran yang dijalankan pemerintah memberikan manfaat bagi anak-anak karena dapat mengalihkan perhatian dari kegiatan negatif.

“Ini merupakan pedoman bagi kami karena telah memberikan kesadaran akan butuhnya agama dikalangan masyarakat,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ammar Makruf, salah satu orang tua murid, yang mengungkapkan bahwa program ini telah memacu anaknya untuk menghafal Alquran hingga 3 juz.

Sebelumnya, komitmen Pemkab Lima Puluh Kota dalam melahirkan generasi Qurani telah membuahkan hasil dengan menjadi juara umum MTQ Nasional ke-40 tingkat Sumatera Barat pada Desember 2023 lalu.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait