Bapenda Agam Berpacu Optimalkan PAD dengan Teknologi dan Inovasi

Bapenda Agam Berpacu Optimalkan PAD dengan Teknologi dan Inovasi

TOPSUMBAR – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Agam kini berupaya maksimal untuk mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Meski sebagai organisasi perangkat daerah (OPD) baru di lingkungan Pemerintah Kabupaten Agam, Bapenda menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan PAD melalui berbagai strategi inovatif.

Salah satu langkah utama yang dilakukan Bapenda adalah dengan meningkatkan efisiensi dan transparansi sistem pajak daerah.

Bacaan Lainnya

Untuk mencapai tujuan ini, Bapenda telah mengimplementasikan teknologi informasi melalui aplikasi Lapak Agam, SmartGov, dan Tax Survey.

Sistem ini diharapkan dapat mempercepat dan mempermudah proses pembayaran pajak bagi masyarakat Kabupaten Agam.

Selain itu, Bapenda juga fokus pada penggalian potensi pendapatan baru. Upaya ini melibatkan pendataan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2), penetapan Zona Nilai Tanah (ZNT), kerja sama dengan instansi vertikal untuk Pajak Barang dan Jasa Tertentu (PBJT), serta reclas untuk objek tertentu.

Kerjasama antar lembaga menjadi perhatian utama Bapenda untuk memastikan setiap potensi pendapatan daerah dapat dimonitor dan direalisasikan dengan optimal.

Bapenda juga terus melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya kepatuhan dalam membayar pajak. Edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan pada akhirnya meningkatkan pendapatan dari sektor pajak.

Pemutakhiran data PBB menjadi salah satu fokus utama Bapenda Agam.

Hingga saat ini, pemutakhiran data PBB telah dilakukan di tiga kecamatan pada tahap pertama, dan direncanakan akan menyasar dua kecamatan lagi pada tahap kedua.

“Pemutakhiran data ini akan menyasar seluruh kecamatan di Kabupaten Agam,” jelas Kepala Bapenda, Endrimelson, saat diwawancarai pada Rabu, 5 Juni 2024.

Selain itu, Bapenda Agam juga memperkenalkan inovasi dan kemudahan dalam proses pemungutan pajak melalui sistem online.

Menurutnya, upaya ini bertujuan untuk mempercepat dan serta memperluas elektronifikasi transaksi di Kabupaten Agam, sehingga dapat memudahkan masyarakat dalam memenuhi kewajiban pajaknya.

“Bapenda akan fokus pada optimalisasi terhadap prioritas dan inovasi yang sudah ada, baik dari sisi kapasitas sumber daya manusia (SDM), fasilitas, maupun pengawasannya,” pungkas Endrimelson.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait