Anggota Komisi II DPRD Sumbar Usulkan Jalan Baru untuk Kurangi Kemacetan di Ujung Gading Pasaman Barat

Anggota Komisi II DPRD Sumbar Usulkan Jalan Baru untuk Kurangi Kemacetan di Ujung Gading Pasaman Barat

TOPSUMBAR – Setiap hari jalan nasional di Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat kerap mengalami kemacetan. Pembangunan jalan baru perlu dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Kemacetan di jalan nasional yang ada di Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang setiap hari terjadi mulai dari Jembatan Air Bayang hingga Jembatan Batang Sikerbau.

Kondisi ini menjadikan jalan tersebut menjadi salah satu kawasan paling macet di wilayah utara Kabupaten Pasaman Barat.

Bacaan Lainnya

Dengan kemacetan panjang yang kerap terjadi pada pagi, sore bahkan siang hari, diperlukan penyelesaian yang menyeluruh termasuk adanya pembangunan jalan baru.

“Perlu didorong untuk pembangunan jalan yang baru,” ujar Anggota Komisi II DPRD Provinsi Sumatera Barat, Syamsul Bahri, kepada topsumbar.co,id, Rabu (5/6/2024).

Salah satu penyebab kemacetan yang kerap terjadi di kawasan tersebut adalah pertumbuhan kendaraan. Sementara jalan tersebut tidak pernah ada pelebaran, sehingga kapasitas jalan dengan jumlah kendaraan tidak seimbang.

Terlebih, selain digunakan oleh masyarakat sekitar, kawasan Ujung Gading juga menjadi lintasan bagi pengendara yang akan menuju luar daerah.

Syamsul mengatakan, pembangunan jalan baru menjadi solusi paling tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Setau kita, sudah ada badan jalan sebagai jalan lingkar Ujung Gading tersebut, yang masuknya dari Tamiang Ujung Gading tembus ke Parit, Kecamatan Koto Balingka. Sehingga, jalan itu bisa digunakan untuk kenderaan besar seperti, angkutan Cruit Palm Oil (CPO), Karnel dan cangkang serta angkutan buah kelapa sawit,” terangnya.

Karena, kemacetan yang terjadi di Ujung Gading itu disebabkan oleh tingginya aktivitas angkutan mobil besar yang mengangkut hasil dari perkebunan dan pabrik kelapa sawit yang ada diwilayah Pasaman Barat.

“Dengan adanya jalan baru, akan bisa membantu meringankan beban jalan nasional. Apalagi, jalan tersebut sudah memiliki 2 jembatan penghubung yang kapasitasnya sama dengan jalan nasional,” sebutnya.

Di samping itu, membangun jalan baru yang ada di Ujung Gading itu juga akan meningkatkan ekonomi masyarakat. Bukan hanya karena aksesibilitas lancar, tetapi akan memunculkan kebangkitan ekonomi seperti berdirinya warung-warung masyarakat.

“Kita akan dorong pemerintah untuk menindaklanjuti akses jalan baru ini. Agar, kemacetan bisa teratasi dan bisa sebagai peningkatan ekonomi bagi masyarakat,” tandasnya.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait