Anggota DPRD Sumbar Gustami Hidayat Gelar Bimtek Alokasikan Pokir, Ajak Masyarakat Perkuat ABS-SBK

Anggota DPRD Sumbar Gustami Hidayat Gelar Bimtek Alokasikan Pokir, Ajak Masyarakat Perkuat ABS-SBK

TOPSUMBAR – Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), H. Gustami Hidayat, mengalokasikan Pokok Pikiran (Pokir) nya untuk mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Adat dan Budaya Minangkabau.

Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat dan berlangsung di Aula Museum Adityawarman, Kota Padang, pada Rabu 12 Juni 2024.

Bimtek yang telah mencapai gelarannya yang ketiga ini, menghadirkan tiga narasumber utama: Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Jefrinal Arifin, Anggota DPRD Sumbar, H. Gustami Hidayat, serta Kurniawan SH. M.Hum.

Bacaan Lainnya

Acara ini diikuti oleh seratus peserta yang berasal dari berbagai kelompok dan organisasi di Sumbar.

Dalam sambutannya, Gustami Hidayat menyampaikan harapannya agar para peserta dapat lebih memahami adat dan budaya Minangkabau, serta menjaga agar generasi muda tidak tergerus oleh kemajuan zaman.

“Kami berharap Bimtek ini bisa lebih meningkatkan pemahaman para peserta tentang penguatan Adat Minangkabau. Dengan banyaknya budaya luar yang datang, kita berharap generasi muda tidak mudah tergerus dan tetap memegang teguh budaya Minang serta memahami filosofi yang ada,” ungkap Gustami Hidayat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Jefrinal Arifin, yang mewakili Gubernur Sumbar, Mahyeldi, memberikan sambutan sekaligus membuka acara Bimtek.

Ia menegaskan bahwa ini merupakan Bimtek ketiga yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan.

Jefrinal berharap para peserta lebih memahami budaya Minangkabau, terutama falsafah Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

“Kita berharap dengan Bimtek ini masyarakat bisa memahami penguatan adat Minangkabau, mengenal falsafah Minang ABS-SBK, serta memahami kultur Minang yang berlandaskan matrilineal atau garis keturunan menurut ibu,” ujar Jefrinal.

Setelah sambutan, Jefrinal membuka secara resmi acara Bimtek, yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para narasumber.

(HT)

Pos terkait