Akmal Malik, Birokrat Sederhana untuk Kemajuan Kalimantan Timur

Akmal Malik, Birokrat Sederhana untuk Kemajuan Kalimantan Timur

TOPSUMBAR – Akmal Malik, sosok Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) yang dinilai telah berhasil membangun Provinsi berjuluk Benua Etam.

Kaltim adalah sebuah Provinsi di Indonesia yang memiliki beragam potensi Sumber Daya Alam (SDA) terbaik di dunia. Mulai dari pertambangan, kehutanan, sungai, hingga perkebunan tersedia di Provinsi ini.

Diketahui, Akmal Malik ditunjuk langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian sebagai Pj Gubernur Kaltim menggantikan Isran Noor yang telah habis masa jabatannya.

Bacaan Lainnya

Putra daerah asal Sumatera Barat (Sumbar) ini adalah seorang tenaga birokrat yang lahir pada 16 Maret 1970 di Pulau Punjung, Dharmasraya, Sumbar.

Berbagai prestasi cemerlang telah diraih Akmal selama karir birokratisnya. Bahkan, sejak 12 Mei 2022 hingga 12 Mei 2023 Akmal dinilai telah sukses menjalankan amanah dari Mendagri sebagai Pj Gubernur Sulawesi Barat.

Hingga pada bulan Oktober 2023 lalu, Akmal dilantik oleh Mendagri sebagai Pj Gubernur kaltim menggantikan tonggak kepemimpinan Isran-Hadi yang telah habis masa jabatannya pada September 2023 lalu.

Selain menjabat sebagai Pj Gubernur Kaltim, Akmal juga merupakan Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otoda) di Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) sejak 9 September 2019 lalu.

Akmal dikenal dengan sosoknya yang sederhana dan rendah hati. Hal itu terlihat saat ia melakukan silaturahmi dengan Forum Wartawan Parlemen Sumbar (FWP-Sumbar) di Kota Samarinda pada Senin, 10 Juni 2024 lalu.

Meskipun mejabat sebagai orang nomor 1 di Kaltim saat ini, tidak satupun terlihat pengawalan dari ajudan yang mengiringi perjalanannya.

Selain itu, Akmal juga merupakan sosok yang pemikir dan visioner terlebih untuk kemajuan kampung halamannya di Sumatera Barat.

Banyak hal disampaikannya kepada rekan-rekan media FWP-Sumbar untuk kemajuan yang dapat dicapai oleh Sumatera Barat kedepan.

Akmal menyarankan untuk dapat memaksimalkan potensi di Bidang Pariwisata, Sumber Daya Alam, dan masih banyak lagi.

Ketua FWP-Sumbar, Novianto Ucok dalam pertemuan tersebut mengatakan bahwa Akmal Malik adalah sosok birokrat ulung yang membanggakan Sumatera Barat.

Dirinya dinilai sangat rapi dalam membangun Kaltim serta berhubungan baik dengan Pemerintah Pusat.

“Kaltim dapat menjadi role model atau contoh bagi Provinsi lain di Indonesia. Terlebih dengan adanya pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang pembanguannnya sudah hampir rampung,” ucap Novianto Ucok.

Selain Ucok, Pemimpin Redaksi (Pimred) Media Online Topsumbar.co.id, Siti Rahmadani Hanifah yang juga ikut dalam rombongan tersebut mengucapkan terima kasih atas sambutan yang begitu hangat dari Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik.

Dirinya bersyukur dapat melihat secara langsung kemajuan Kaltim hingga terlaksananya pembangunan IKN di daerah tersebut.

“Kita sangat bahagia atas sambutan hangat yang diberikan oleh Bapak Akmal Malik. Alhamdulillah kita telah melihat secara langsung kemajuan Kaltim saat ini, termasuk dapat mengunjungi IKN,” katanya.

“Semoga Sumbar juga dapat mencontoh kemajuan seperti yang terlihat di Kaltim saat ini,” harapnya.

Sebelumnya, Akmal menjamu FWP-Sumbar di sebuah agenda makan siang, ia tampak begitu sederhana sambil berbaur dengan rekan media.

(HT)

Pos terkait