Akhiri TMMD ke-120, Danrem 032/Wirabraja Tinjau Hasil Pembangunan di Tanah Datar

Akhiri TMMD ke-120, Danrem 032Wirabraja Tinjau Hasil Pembangunan di Tanah Datar

TOPSUMBAR – Komandan Korem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Wahyu Eko Purnomo, secara resmi menutup program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 tahun 2024 di wilayah Kodim 0307/Tanah Datar.

Acara penutupan dilaksanakan di Lapangan Amphibi Sungai Tarab, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, pada Jumat 7 Juni 2024.

Dalam amanatnya, yang dibacakan oleh Brigjen TNI Wahyu Eko Purnomo, Panglima Kodam I/BB menegaskan bahwa program TMMD merupakan operasi Bhakti, yaitu operasi militer selain perang (OMSP).

Bacaan Lainnya

Program ini bertujuan untuk menentukan sasaran fisik yang sesuai ketentuan dan mempertimbangkan prioritas kebutuhan masyarakat yang sangat mendesak.

“Program ini diwujudkan dengan cara membantu pemerintah dalam menyiapkan dan memperbaiki infrastruktur serta mengakselerasi program pemerintah daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Brigjen TNI Wahyu Eko Purnomo.

TMMD ke-120 ini tidak hanya fokus pada pembangunan fisik tetapi juga non-fisik. Program unggulan Kasad yang dilaksanakan meliputi TNI manunggal air, pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH), penurunan stunting, penanaman mangrove, dan program ketahanan pangan untuk mengoptimalkan lahan pertanian dan pompanisasi.

“Kita harapkan masyarakat dapat mempererat hubungan dan mampu mengatasi kesulitan bersama. Saling memupuk persatuan gotong royong agar kemanunggalan TNI dan rakyat selalu terjaga,” tambahnya.

Letkol Inf Agus Priyo Pujo Sumedi, Dandim 0307/Tanah Datar sekaligus Dansatgas TMMD ke-120, menyampaikan bahwa TMMD bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Selama pelaksanaan TMMD ke-120, berbagai sasaran telah tercapai.

“Kami berhasil menyelesaikan pembangunan fisik seperti pembukaan jalan baru sepanjang 4.460 meter dengan lebar 6 meter, pembuatan gorong-gorong baja di empat titik, dan rehabilitasi enam unit rumah tidak layak huni (RTLH),” ungkap Letkol Inf Agus Priyo Pujo Sumedi.

“Selain itu, kami juga melaksanakan berbagai kegiatan non-fisik seperti penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, pertanian, hukum dan kamtibmas, bahaya narkoba, KB dan kesehatan, stunting, serta lingkungan hidup dan kehutanan,” tambahnya.

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan TMMD kali ini melibatkan 190 personel yang terdiri dari 150 orang dari Satgas TMMD dan 40 orang dari masyarakat setiap harinya.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar, Eko Putra, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan TMMD di wilayahnya.

“Terima kasih kepada seluruh jajaran TNI yang telah menyukseskan kegiatan TMMD di Koto Tuo, Tanah Datar. Program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

Setelah acara penutupan, Danrem 032/Wbr bersama Bupati Tanah Datar dan Dansatgas serta rombongan meninjau lokasi RTLH, pembukaan jalan baru, dan melanjutkan dengan penanaman pohon.

Kegiatan TMMD ini juga dihadiri oleh Sekda Provinsi Sumbar, Dirut PT. Semen Padang, para Kasi Korem 032/Wbr, Kapolres Tanah Datar, Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, dan tamu undangan lainnya.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait