Tingkatkan Literasi, Lima Puluh Kota Terima Bantuan Mobil Perpustakaan Keliling dari Pemerintah Pusat

Tingkatkan Literasi, Lima Puluh Kota Terima Bantuan Mobil Perpustakaan Keliling dari Pemerintah Pusat

TOPSUMBAR – Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin menunjukkan komitmennya terhadap pembangunan dari pinggiran dengan kembali menerima bantuan dari pemerintah pusat berupa satu unit mobil perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas).

Safaruddin aktif menyuarakan program unggulan pemerintah daerah untuk membangun dari pinggiran, tidak hanya fokus pada pembangunan fisik tetapi juga pada pengembangan sumber daya manusia (SDM).

“Alhamdulillah, Kabupaten Lima Puluh Kota menerima bantuan satu unit mobil perpustakaan keliling di antara 20 kabupaten/kota se-Indonesia,” ujar Bupati Safaruddin yang didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Limapuluh Kota, Radimas, usai menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Perpusnas dan Hari Buku Nasional, Jumat 17 Mei 2024 di Gedung Perpustakaan Nasional Indonesia, Jakarta.

Bacaan Lainnya

Menurut Safaruddin, keberadaan mobil perpustakaan keliling ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan bacaan anak-anak di seluruh kecamatan, hingga ke tingkat nagari dan jorong.

“Sehingga minat baca dan kemampuan literasi masyarakat bisa merata di Limapuluh Kota. Ini akan berbanding lurus dengan peningkatan kualitas SDM masyarakat, terutama generasi muda,” tambahnya.

Ia juga mengapresiasi Dinas Perpustakaan dan Arsip Lima Puluh Kota beserta jajaran atas upaya keras mereka sehingga bantuan mobil perpustakaan keliling bisa terealisasi.

“Luar biasa, kita sangat mengapresiasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang telah bekerja keras tanpa lelah untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya literasi kepada masyarakat dan telah menjalin hubungan baik dengan Perpusnas,” katanya.

Ia juga berharap dengan adanya mobil perpustakaan keliling ini, minat baca generasi muda dan giat literasi di Kabupaten Limapuluh Kota semakin meningkat.

“Semoga dengan adanya mobil perpustakaan keliling ini, minat baca generasi muda dan giat literasi di Kabupaten Lima Puluh Kota semakin meningkat. Selain itu juga dapat mewujudkan generasi emas tahun 2024 dan mendorong kita bersama untuk meningkatkan minat baca masyarakat ke depannya,” tutupnya.

Acara peringatan HUT ke-44 Perpusnas 2024 juga dimeriahkan dengan berbagai pameran seperti pameran perpustakaan dari masa ke masa, pameran buku bermutu.

Kemudian pameran naskah kuno dan manuskrip, pameran pustaka bergerak dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM).

Lalu pameran transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial (TPBIS), hingga pameran kreativitas pegiat literasi.

Plt. Kepala Perpusnas, E. Aminudin Aziz, dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagai bagian dari peringatan HUT ke-44 Perpusnas dan Hari Buku Nasional, Perpusnas meluncurkan Gerakan Literasi Desa yang dicanangkan oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin.

Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan budaya membaca dan kemampuan literasi masyarakat.

“Kami yakin rendahnya tingkat kegemaran membaca dan kemampuan literasi disebabkan oleh kurang tersedianya buku bacaan yang sesuai dengan minat pembaca. Padahal, data menunjukkan bahwa minat baca masyarakat sebenarnya tergolong cukup tinggi. Oleh karena itu, Perpusnas berikhtiar untuk menyediakan buku-buku bacaan berdasarkan minat dan harapan para calon pembaca,” ungkapnya.

Upaya ini dilakukan melalui koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan seperti Bapenas, Kemendagri, Kemendikbudristek, dan Kemendes PDTT dengan koordinasi dari Kemenko PMK.

“Dalam melaksanakan tugas besar dalam membangun literasi, dua kata kunci dapat menjadi pedoman kita. Yakni pemahaman bersama mengenai pentingnya literasi dan kesiapan untuk bekerja sama. Hal ini dikarenakan, membangun literasi adalah pekerjaan bersama yang harus dilakukan secara bersama-sama,” tegasnya.

Selain itu, dalam rangka Gerakan Literasi Desa, dilakukan penandatanganan Piagam Pencanangan Gerakan Literasi Desa oleh Wakil Presiden RI.

Kemudian penyerahan 10 juta buku untuk 10.000 desa, penyerahan 27 juta buku untuk 45.000 SD.

Lalu, penyerahan bantuan pengembangan perpustakaan dalam bentuk mobil perpustakaan keliling serta motor layanan perpustakaan keliling.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait