Tim Penilai dari Provinsi Sumbar Kunjungi TP-PKK Padang Sikabu (Latina) Kota Payakumbuh

Tim Penilai dari Provinsi Sumbar Kunjungi TP-PKK Padang Sikabu (Latina) Kota Payakumbuh

TOPSUMBAR – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kelurahan Padang Sikabu (Latina), kecamatan Lamposi Tigo Nagori, Kota Payakumbuh, berhasil meraih prestasi sebagai yang terbaik dalam lomba Gerakan TP-PKK Tingkat Kota Payakumbuh tahun 2024.

Sebagai pemenang, TP-PKK Padang Sikabu mewakili Kota Payakumbuh dalam lomba Gerakan TP-PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

TP-PKK Kelurahan Padang Sikabu menjalani penilaian oleh tim penilai dari TP-PKK Provinsi Sumatera Barat.
Penilaian ini berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.

Bacaan Lainnya

Upacara penilaian berlangsung di kantor Lurah Padang Sikabu, kecamatan Lamposi pada Kamis, 2 Mei 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Rida Ananda, menyambut baik kedatangan tim penilai dari Provinsi Sumatera Barat dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen yang terlibat dalam persiapan kegiatan ini.

Rida Ananda menyampaikan pentingnya peran mitra kerja pemerintah dalam pembangunan.

Oleh karena itu, TP-PKK Kota Payakumbuh selalu berkoordinasi dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, dan Lurah untuk melaksanakan 10 program pokok PKK dan program prioritas PKK.

“Kita berharap kedepannya bukan hanya sibuk menyiapkan saat akan ada penilaian, tapi sebagai landasan dasar untuk mengaplikasikan seperti yang ada dalam mars PKK tersebut. Sehingga negeri kita bisa maju berlandaskan adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah,” ujar Rida.

Untuk mendukung pencanangan Bulan Bakti Dasa Wisma ke-11, TP-PKK Kota Payakumbuh bersama dengan Pusat Pemberdayaan dan Pengembangan Keluarga (PPD) telah melaksanakan beberapa kegiatan.

Kegiatan tersebut meliputi, Bazar tanaman pekarangan yang diikuti oleh TP-PKK Kecamatan se-Kota Payakumbuh.

Kemudian Bazar produk UP2K yang diikuti oleh PKK Kelurahan dan kelompok Dasa Wisma, Penyerahan bantuan Budikdambur dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Payakumbuh.

Lalu, Penyerahan bibit cabe ke kelurahan dengan sasaran penurunan Stunting, dan Penyerahan sembako untuk keluarga Stunting.

“Alhamdulillah, program tersebut dapat berjalan baik khususnya di Kelurahan Padang Sikabu dan Kecamatan Latina. Sehingga Kelurahan Padang Sikabu dapat menjadi yang terbaik, serta mewakili Kota Payakumbuh dalam lomba Gerakan PKK Kota Payakumbuh tahun 2024,” ungkap Rida.

Dampak dari pelaksanaan kegiatan tersebut, menurut Rida, memberikan dampak yang sangat baik terhadap masyarakat Kota Payakumbuh.

Kegiatan ini mampu mencegah stunting, inflasi, dan kemiskinan ekstrem.

“Serta dengan adanya program hatinya PKK, juga telah dapat meningkatkan perekonomian keluarga. Dari hasil tanaman di pekarangan, kebutuhan dapur dapat terpenuhi sehingga dapat menghemat pengeluaran,” tambahnya.

Rida kembali menyampaikan terima kasih kepada seluruh OPD selaku pembina harian PKK, ketua TP-PKK beserta jajaran. Kemudian kelompok Dasa Wisma yang telah bekerja keras sehingga kegiatan PKK terlaksana dengan baik dan terwujudnya kesejahteraan keluarga.

Tim penilai dari TP-PKK Provinsi Sumatera Barat, yang dipimpin oleh Harneli Mahyeldi, menjelaskan bahwa berdasarkan Surat Keputusan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumbar tentang Penetapan Juara Lomba Tim Penggerak Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumbar, terdapat 5 jenis lomba yang ditetapkan, yaitu:

1. Lomba kelembagaan dan Tertib Administrasi PKK dari Pj. Sekretaris,
2. Lomba pola asuh anak dan remaja di era digital (PAAREDI) dari Pj. Pokja I,
3. Lomba kampung mandiri dari Pj. Pokja II,
4. Lomba Kawasan Aku Hatinya PKK dari Pj. Pokja III, dan
5. Lomba PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) plus dari Pokja IV.

“Kami berharap agar tim penilai, selain melakukan penilaian, juga dapat memberikan petunjuk dan bimbingan teknis agar kedepannya kami dapat memperbaiki dan menjadi lebih baik,” jelasnya.

Harneli Mahyeldi juga mengapresiasi semangat dan kerja keras Tim Penggerak PKK Kelurahan Padang Sikabu, Kota Payakumbuh, yang telah berjuang bersama untuk mempersiapkan kegiatan penilaian dengan sebaiknya.

“Semoga rasa kekeluargaan di antara kita tetap terjalin,” imbuhnya.

Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh, Lasta Jasman, dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan program dan kegiatan yang telah dilakukan oleh TP-PKK di kecamatan hingga kelurahan serta kelompok Dasa Wisma.

Salah satu program yang ditekankan adalah terkait pengelolaan sampah, terutama sampah rumah tangga.
Kejadian bencana longsor di TPA pada tahun sebelumnya telah membuat warga Kota Payakumbuh kehilangan tempat pembuangan sampahnya.

Oleh karena itu, TP-PKK Kota Payakumbuh bersama dengan jajarannya mengambil tema terkait Pembentukan Bank Sampah di kelurahan.

“Sampah jika diolah dengan baik akan berpotensi menjadi barang yang bermanfaat bahkan bernilai ekonomi yang menghasilkan uang. Banyak cara pengelolaan sampah yang dapat dilakukan, seperti pengolahan sampah organik melalui komposter maupun Bio Pori yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan hasil dan kesuburan tanaman,” jelas Lasta.

Setelah dibuka secara langsung oleh Pj Wali Kota Payakumbuh, bersama Ketua TP-PKK Provinsi Sumbar dan Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh, penilaian lomba gerakan PKK tingkat Provinsi Sumatera Barat dilanjutkan dengan penilaian pada setiap bidang dan peninjauan lapangan oleh tim penilai dari Provinsi Sumatera Barat.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait