Sekda Kota Padang Resmikan MTQ ke-41 di Kecamatan Kuranji, Diikuti oleh 207 Kafilah

Sekda Kota Padang Resmikan MTQ ke-41 di Kecamatan Kuranji, Diikuti oleh 207 Kafilah

TOPSUMBAR – Sekretaris Daerah Kota Padang, Andree Algamar, secara langsung membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-41 tingkat Kecamatan Kuranji Kota Padang.

Acara pembukaan dilaksanakan di Masjid Al-Jihad, Kelurahan Korong Gadang, pada Jumat malam 10 Mei 2024.

Pada kesempatan itu, Andree Algamar menyampaikan apresiasi Pemerintah Kota Padang atas dilaksanakannya MTQ ke-41 tingkat Kecamatan Kuranji.

Bacaan Lainnya

Ia berharap MTQ ini dapat meningkatkan kualitas qori dan qoriah di Kecamatan Kuranji serta menjadi wadah silaturahmi dan peningkatan pengetahuan, pengalaman, dan pemahaman tentang isi Alquran bagi masyarakat.

Dalam sambutannya, Andree Algamar juga mengapresiasi meriahnya pelaksanaan MTQ ke-41 tingkat Kecamatan Kuranji. Ia menyatakan bahwa antusiasme peserta sangat tinggi.

Camat Kuranji, Rido Satria, menyampaikan terima kasih atas dukungan panitia pelaksana dan stakeholder dalam penyelenggaraan MTQ ke-41.

Ia juga mengungkapkan kebanggaannya melihat kekompakan dan antusiasme tokoh masyarakat serta seluruh lapisan masyarakat Kuranji.

Ketua Pelaksana, M Fikar Dt Rajo Magek, menjelaskan bahwa tema MTQ ke-41 adalah “Merajut Qur’ani, Berilmu Amaliah, dan Beramal Ilmiah”.

Sebanyak 207 kafilah dari sembilan kelurahan turut serta dalam MTQ kali ini. Mereka akan bersaing memperebutkan gelar dari 7 cabang yang dilombakan.

“MTQ ini tidak hanya menjadi penanaman nilai-nilai Alquran kepada generasi muda, tetapi juga ajang seleksi untuk mencari bibit qori dan qoriah yang berbakat. Diharapkan, mereka dapat mengharumkan Kecamatan Kuranji khususnya Kota Padang dalam MTQ tingkat Sumatera Barat maupun tingkat nasional,” ujar M. Fikar.

Irwan Basir Dt Rajo Alam, salah satu tokoh masyarakat Kuranji, berharap MTQ tahun ini dapat menjadi motivasi untuk terus belajar, berlatih, dan mengasah kemampuan dalam membaca, mengkaji, dan memahami Alquran.

Ia menekankan pentingnya mengamalkan ajaran Alquran dalam kehidupan pribadi, keluarga, dan bermasyarakat.

Acara pembukaan MTQ Kecamatan Kuranji ditandai dengan pemukulan rebana oleh Sekda Kota Padang, didampingi oleh Camat Kuranji, Ketua Pelaksana, dan pimpinan lainnya.

MTQ tersebut akan berlangsung hingga Minggu, 12 Mei 2024.

Turut hadir, Kepala Kementerian Agama Kota Padang, Edy Oktafiandi, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Kuranji, Hamdani, para lurah se-Kecamatan Kuranji, Forkopimca, serta tokoh masyarakat lainnya.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait