Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana di Sumbar, Plh Wako Padang Sambut Kedatangan Menhan RI

Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana di Sumbar, Plh Wako Padang Sambut Kedatangan Menhan RI

TOPSUMBAR – Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Padang, Andree Algamar menyambut kedatangan Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia (RI), Prabowo Subianto, di Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Kedatangan Prabowo bertujuan untuk menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada korban bencana banjir bandang, lahar dingin, dan longsor di Sumatera Barat, khususnya di Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis kepada Bupati Agam, Andri Warman, dan Bupati Tanah Datar, Eka Putra, di pelataran parkir VIP BIM pada Kamis, 16 Mei 2024.

Bacaan Lainnya

Bantuan dari Kementerian Pertahanan (Kemenhan) tersebut terdiri dari 20 ton beras, 1.000 paket obat-obatan, 600 pasang sepatu boot, 3.000 selimut, 3.000 paket alat mandi, dan 10 ribu dus mie instan.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, Pangdam Bukit Barisan, Mayjen TNI Mochamad Hasan, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, bersama Wakil Gubernur Audy Joinaldy, serta Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono, dan unsur Forkopimda Sumbar lainnya.

Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade, Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor, serta Ketua DPRD Sumbar, Supardi, juga turut hadir.

“Selamat datang dan terima kasih Pak Menhan atas bantuan yang diberikan,” ucap Andree Algamar saat menyalami Jenderal TNI bintang empat tersebut.

Dalam sambutannya, Prabowo Subianto menyatakan simpati dan dukungan pemerintah kepada para korban bencana di Sumbar.

“Kami menyampaikan duka cita yang sedalam-dalamnya atas musibah yang terjadi ini. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang tengah tertimpa musibah. Mari kita berdoa bersama dan tetap semangat, Insya Allah badai akan segera berlalu,” ujar Prabowo.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Menhan atas bantuan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang terdampak bencana di Agam dan Tanah Datar.

“Bantuan ini sangat berharga untuk masyarakat yang terdampak bencana, khususnya di Agam dan Tanah Datar,” ucap Mahyeldi, didampingi Wagub Audy Joinaldy.

Plh Wali Kota Padang, Andree Algamar, menyampaikan rasa duka mendalam atas bencana alam yang terjadi di beberapa daerah di Sumbar.

“Alhamdulillah, kita Pemko Padang telah mengirimkan bantuan, baik berupa kebutuhan pokok dan keperluan lainnya, juga menerjunkan personil ke lokasi bencana,” sebut Andree.

Seperti diketahui, bencana banjir bandang, lahar dingin, dan longsor yang terjadi sejak Minggu 12 Maei 2024 lalu telah melanda beberapa wilayah di Sumbar.

Sedangkan daerah yang paling terdampak adalah Kabupaten Tanah Datar dan Agam, yang menyebabkan kerusakan infrastruktur serta menelan korban jiwa lebih dari 50 orang.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait