Saluran Irigasi Sering Sebabkan Banjir, Warga Tamiang Pasaman Barat Minta Tindakan Cepat dari Pemerintah

Saluran Irigasi Sering Sebabkan Banjir, Warga Tamiang Pasaman Barat Minta Tindakan Cepat dari Pemerintah | Dok. Bisri Batubara

TOPSUMBAR – Puluhan Kepala Keluarga (KK) di Tamiang, Jorong Saroha, Nagari Salido Saroha, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) keluhkan keberadaan Saluran Irigasi Batang Bayang.

Pasalnya, saluran irigasi tersebut telah mengakibat banjir di pemukiman masyarakat setempat.

“Iya benar, saluran irigasi ini yang menjadi penyebab banjir ke pemukiman masyarakat Tamiang,” ujar salah seorang warga setempat, Fahmi, kepada topsumbar.co.id, Kamis (16/5/2024).

Bacaan Lainnya

Dijelaskannya, saluran irigasi yang melintas di Tamiang itu tidak mampu menampung debit air yang masuk dari bendungan. Sehingga meluap dan merendam puluhan rumah diwilayah itu.

“Setiap hujan turun, puluhan KK selalu was-was. Karena, banjir mengancam mengancam rumah mereka,” terangnya.

Sebagai penyebabnya lainnya kata Fahmi, saluran irigasi itu lebarnya berbeda. Dimana, saluran bagian hulu ukurannya sudah lebar karena baru dibangun.

Sementara di bagian hilir masih bangunan lama yang ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan bangunan baru. Sehingga, dipertemuan saluran itu, air tidak tertampung oleh bangunan lama, sehingga meluap.

“Saluran lama tidak mampu menampung air dari dari saluran baru. Sehingga meluap dan merendam rumah warga. Atas kejadian itu masyarakat merasakan dirugikan oleh saluran irigasi Batang Bayang,” tukasnya.

Selain itu katanya juga, jalan disekitar itupun hancur dan sulit untuk dilalui. Karena, sudah menjadi langganan banjir di setiap musim penghujan seperti sekarang ini.

“Selain banjir merendam rumah warga, juga menghancurkan jalan masyarakat. Jadi, kita minta kepada pemerintah Kabupaten Pasaman Barat dan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera Barat agar menindaklanjutinya. Karena, kenyamanan warga sudah terganggu dan mengalami kerugian,” harapnya.

Disamping itu juga disampaikan Kepala Jorong Saroha, Ari Sofiandi, bahwa banjir akibat luapan air dari saluran irigasi Batang Bayang itu sudah meresahkan warganya. Dan ini terjadi setiap hujan turun.

“Kita berharap agar Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat segera melakukan koordinasi dengan pihak pengelola irigasi Batang Bayang untuk mencarikan solusinya. Apakah pembangunan pelebaran saluran irigasi dilanjutkan atau cara lain,” pintanya.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait