Rida Ananda Lepas Peserta Jambore Demokrasi Wakili Payakumbuh Menuju Padang Panjang

Rida Ananda Lepas Peserta Jambore Demokrasi Wakili Payakumbuh Menuju Padang Panjang

TOPSUMBAR – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) 0314 Gerakan Pramuka Kota Payakumbuh, bersama Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh, melepas peserta Jambore Demokrasi di Kota Padang Panjang.

Jambore Demokrasi yang berlangsung dari tanggal 9 hingga 11 Mei 2024 di Bumi Perkemahan Mifan Padang Panjang akan diikuti oleh 24 Pramuka Penegak.

Mereka akan bergabung dengan Kontingen Kemah Demokrasi Pelajar se-Sumatera Barat, yang terdiri dari sekitar 500 peserta.

Bacaan Lainnya

“Kami berharap partisipasi pemilih pemula (Gen Z) dapat meningkat melalui Jambore Demokrasi ini,” kata Sekda Kota Payakumbuh, Rida Ananda, saat pelepasan di Aula Randang.

Rida Ananda meminta agar para peserta mengikuti semua proses kegiatan dengan serius, karena mereka akan memperoleh banyak pengetahuan mengenai pelaksanaan pesta demokrasi.

“Ikutilah dengan serius, karena tidak semua orang memiliki kesempatan untuk mengikuti kegiatan ini. Hanya orang-orang terpilih seperti kalian. Oleh karena itu, sampaikanlah kepada teman-teman kalian tentang pentingnya menggunakan hak pilih ini dan ajaklah mereka datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS),” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Payakumbuh, Wizri Yasir, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Payakumbuh dan Kwarcab 0314 Kota Payakumbuh atas dukungannya dalam Jambore Demokrasi ini.

“Seperti yang disampaikan oleh Kwarcab 0314 Kota Payakumbuh tadi, kita berharap partisipasi pemilih pemula di Payakumbuh terus meningkat dari Pilkada ke Pilkada,” ucapnya.

Wizri menjelaskan bahwa pada kegiatan tersebut, para peserta akan mendapatkan sosialisasi. Mulai dari kampanye, debat calon, dan kegiatan lain yang berkaitan dengan demokrasi pelajar.

“Sebagai pemilih pemula, mereka akan diberikan pengetahuan tentang peran pemilih pemula dalam Pilkada nanti,” katanya.

Ia berharap bahwa setelah kegiatan Jambore Demokrasi ini, para peserta (Gen Z) dapat mentransfer ilmu yang diperoleh kepada teman-temannya tentang pentingnya demokrasi.

“Harapan kami, para pramuka ini dapat berbagi dan mengajak teman-temannya untuk menggunakan hak pilih pada 27 November 2024 nanti,” tutupnya.

Kontingen Payakumbuh akan diwakili oleh Pramuka Penegak dari Gugus Depan Pramuka Pangkalan SMA 1 Payakumbuh (4 PA + 2 PI), Gugus Depan Pramuka Pangkalan SMA N 2 (1 PA + 1 PI), Gugus Depan Pramuka Pangkalan SMA 3 (1 PA + 1 PI), Gugus Depan Pangkalan SMA 4 (2 PA + 3 PI), Gugus Depan Pramuka Pangkalan MAN 2 (1 PA + 4 PI), dan Gugus Depan Pramuka Pangkalan SMA ICBS (3 PA).

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait