Rida Ananda Irup Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 di Kota Payakumbuh

Rida Ananda Irup Hari Pendidikan Nasional 2024 di Kota Payakumbuh

TOPSUMBAR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Payakumbuh, Rida Ananda, menjadi Inspektur Upacara (Irup) Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang digelar di Lapangan Balai Kota Payakumbuh pada Kamis, 2 Mei 2024.

“Peringatan Hardiknas adalah peristiwa yang istimewa bagi insan pendidikan dalam rangka mengapresiasi jasa para pejuang pendidikan. Selain itu, juga meningkatkan semangat untuk terus mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujar Rida Ananda.

Turut hadir dalam upacara tersebut Ketua TP-PKK Lasta Jasman, unsur Forum Komunikasi dan Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ketua KPU Payakumbuh Wizri Yasir.

Bacaan Lainnya

Ketua Bawaslu Aan Muharman, Kepala OPD, Kepala Sekolah se-Kota Payakumbuh, serta ratusan peserta upacara juga turut hadir.

Saat membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim, Rida Ananda menyampaikan bahwa lima tahun terakhir adalah waktu yang sangat mengesankan dalam perjalanannya di Kemendikbudristek.

“Memimpin gerakan Merdeka Belajar semakin menyadarkan kami mengenai tantangan dan kesempatan yang kita miliki untuk memajukan pendidikan Indonesia,” tambah Rida.

Dijelaskannya, bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem pendidikan yang begitu besar.

Mengubah perspektif mengenai proses pembelajaran bukanlah tugas yang sederhana. Namun, di awal perjalanan, menyadarkan kita bahwa menciptakan perubahan itu butuh perjuangan.

“Ketika langkah mulai serempak, langsung dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan, yakni pandemi. Akibat yang ditimbulkan telah mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup kita secara drastis,” ujarnya.

Namun demikian, pandemi juga memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan. Dengan semangat bergotong royong, kita berjuang agar pulih serta bangkit kembali menjadi lebih kuat lagi.

“Kini, kita mulai merasakan perubahan yang terjadi di sekitar kita, bergerak dalam langkah yang serempak dan serentak. Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia tengah kita bangun bersama gerakan Merdeka Belajar,” tambahnya.

Rida Ananda menegaskan bahwa meski sudah berjalan menuju arah yang benar, tugas belum selesai. Semua yang telah dilakukan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan. Semua upaya harus dilanjutkan sebagai perjalanan menuju perwujudan sekolah yang diimpikan.

Pada kesempatan tersebut, turut dilakukan penyerahan piagam penghargaan bagi guru berprestasi dan berperan aktif dalam pemanfaatan akun platform Merdeka Mengajar di Kota Payakumbuh.

Salah satunya adalah Rahmad Saleh, guru SDN 31 Payakumbuh. Serta penyerahan sertifikat telah mengikuti diklat berjenjang tingkat dasar moda luring tersistem Kota Payakumbuh.

Selanjutnya, dilaksanakan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pengamanan Pemilihan Serentak Nasional oleh Polres Payakumbuh dan Kodim 0306/50 Kota, serta pencairan dana hibah tahap kedua atau terakhir untuk KPU dan Bawaslu.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait