Rakor Nagari dan Bamus, Bupati Lima Puluh Kota Beri Penghargaan untuk Nagari Berprestasi

Rakor Nagari dan Bamus, Bupati Lima Puluh Kota Beri Penghargaan untuk Nagari Berprestasi

TOPSUMBAR – Produktivitas dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, serta pelayanan masyarakat di Nagari menjadi fokus utama untuk mewujudkan nagari sebagai poros pembangunan di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Sejumlah nagari yang telah menunjukkan capaian kinerja yang gemilang mendapat apresiasi dari Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo.

Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari, Safaruddin menyerahkan piagam penghargaan dan bantuan dana pembangunan kepada sejumlah nagari yang berhasil menyelenggarakan pemerintahan dengan baik.

Bacaan Lainnya

Penyerahan piagam penghargaan ini berlangsung pada kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Wali Nagari dan Bamus se-Lima Puluh Kota yang diselenggarakan di Aula Dinas Peternakan Provinsi Sumbar pada Selasa, 21 Mei 2024.

Acara ini turut dihadiri oleh Kepala DPMDN, Endra Amzar, seluruh camat, Wali Nagari, dan Bamus Nagari se-Limapuluh Kota.

“Kami, atas nama Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota, memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pemerintahan nagari se-Kabupaten Lima Puluh Kota atas prestasi dan penilaian kinerja baik di tahun 2024 ini,” ujar Safaruddin dalam sambutannya.

Ia menambahkan bahwa capaian ini sejalan dengan misi ketiga Pemerintah Daerah untuk menjadikan nagari sebagai poros pembangunan Kabupaten Lima Puluh Kota.

Penghargaan yang diberikan kepada 26 nagari yang telah merampungkan APB Nagari, 18 Nagari yang mencapai status Nagari Mandiri.

Serta penghargaan laporan kinerja Bamus terbaik yang diberikan kepada Nagari Koto Tinggi, Sungai Balantiak, dan Pangkalan.

Selain itu, diserahkan pula penghargaan dari Kemendagri untuk penilaian cakupan tertinggi desa/kelurahan swasembada dan dari Kemendes PDTT kepada Bumnag Harau Saiyo atas perkembangan pengelolaannya dengan kategori Maju.

Penghargaan lainnya diberikan kepada Bumnag Zigiran Mandiri (Nagari Simpang Sugiran) yang meraih peringkat kedua dalam penilaian lomba BUMD tingkat Provinsi Sumbar tahun 2023.

“Penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi tambahan bagi nagari lainnya untuk melahirkan prestasi bagi masyarakat dan Kabupaten Lim Ppuluh Kota. Kami juga mengapresiasi seluruh wali nagari yang telah melakukan penginputan 100% Epdeskel (Evaluasi Perkembangan Desa/Kelurahan),” tutup Safaruddin.

Wali Nagari Situjuah Banda Dalam, Lakon Siska, menyampaikan bahwa apresiasi dari Bupati menjadi motivasi penyemangat bagi para Wali Nagari dalam menjalankan roda pemerintahan.

Selain itu, juga dapat membantu pemda dalam mewujudkan visi misi yang tertuang di RPJMD 2021-2026.

“Ini baru pertama kali dilaksanakan. Kami dari Perwanaliko (Persatuan Wali Nagari Lima Puluh Kota) mengucapkan apresiasi kepada Bupati Lima Puluh Kota atas penghargaan dan bantuan keuangan kepada sejumlah nagari atas prestasi yang telah dicapai,” ujarnya.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait