PPDI Padang Panjang Bentuk NPC Indonesia, Ilham : Ini Organisasi Olahraga Prestasi Bagi Penyandang Disabilitas

TOPSUMBAR –  Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Padang Panjang membentuk organisasi disabilitas bidang olahraga atau National Paralympic Committee Indonesia (NPC) Indonesia.

Ketua PPDI Padang Panjang, Muhamad Ilham, S.Ds, M.Sn, mengatakan, NPC Indonesia cabang Padang Panjang ini terbentuk pada pertemuan PPDI, Ahad (6/5/2024).

“Fauzhi Handrian disabilitas netra terpilih sebagai ketua NPC Indonesia cabang Padang Panjang. Pengurus secara lengkap akan segera disusun dan menunggu instruksi NPC Indonesia pusat dan Sumbar. Insyaallah akan dikukuhkan secara resmi secepatnya,” ujar dia dikutip dari laman kominfo Padang Panjang, Selasa (7/5/2024).

NPC Indonesia, kata Ilham, adalah organisasi olahraga prestasi bagi penyandang disabilitas. Organisasi ini merupakan satu-satunya wadah pembinaan dan penyelenggaraan keolahragaan para penyandang disabilitas Indonesia.

“NPC Indonesia berwenang mengkoordinasikan dan membina setiap kegiatan olahraga,” sebutnya.

Pada pertemuan ini juga mengemuka rencana PPDI yang bakal mendata sekaligus meng-update data disabilitas Padang Panjang. Baik jenis disabilitas di antaranya disabilitas netra, rungu, daksa, down syndrom, maupun ganda

“Kami juga akan meninjau sahabat disabilitas berat untuk bisa bersilaturahmi ke rumah. Memberikan motivasi semangat kepada orang tua dan keluarganya,” imbuh Ilham.

Ilham menambahkan, sebelumnya PPDI Padang Panjang juga telah ikut mendorong berdirinya Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Padang Panjang.

Sementara itu, dikutip Topsumbar.co.id, National Paralympic Committee of Indonesia merupakan nama resmi dari Komite Paralimpiade Nasional Indonesia adalah organisasi pembina atlet penyandang disabilitas di Indonesia.

Organisasi ini didirikan pada 31 Oktober 1962 sebagai Yayasan Pembina Olahraga Cacat (YPOC) sebelum mengalami perubahan nama pada Musyawarah Olahraga Nasional VII pada 31 Oktober hingga 1 November 1993 menjadi Badan Pembina Olahraga Cacat (BPOC).

Nama ini kemudian berubah menjadi namanya saat ini pada 26 Juli 2010.

Organisasi ini menyelenggarakan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas).

(AL)

Pos terkait