Polri Perketat Pengamanan Pembukaan WWF Ke-10 di Bali

Karopenmas Divisi Hums Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko,

TOPSUMBAR – Polri mengamankan tiga venue utama World Water Forum (WWF) ke-10 yang berlangsung hari ini Senin, 20 Mei 2024.

Acara pembukaan WWF yang digelar pagi ini di Bali International Convention Center (BICC) menjadi salah satu titik utama pengamanan oleh Polri.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko, menyatakan bahwasawanya Kapolri, pejabat Ops Puri Agung 2024, dan Kapolda Bali memantau jalannya acara pembukaan dari Posko Command Center 91 di ITDC.

Bacaan Lainnya

“Hari ini, tepatnya 20 Mei 2024, adalah kegiatan Opening Ceremony di lingkungan ITDC. Saat ini, kami dari Posko ITDC dapat memonitor Bapak Kapolri beserta pejabat dari Ops Puri Agung dan Bapak Kapolda Bali sedang melakukan pengawasan, monitoring, dan pengendalian dari Posko Command Center 91 di ITDC,” jelas Brigjen Trunoyudo pada Senin, 20 Mei 2024.

Tiga venue WWF yang diamankan Polri hari ini adalah BICC, Hotel Grand Hyatt, dan Bali Nusa Dua Convention Center.

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Polri untuk mengamankan WWF, termasuk Tactical Floor Game, Latpraops, dan kerja sama dengan TNI serta stakeholder lainnya.

“Perlu kita ketahui bersama, 43 negara telah berpartisipasi dalam acara ini, yang mana terdiri dari kepala negara, pemerintah, menteri, partisipan, serta empat organisasi internasional,” ujar Karopenmas.

Karopenmas menjelaskan bahwa Polri menyiapkan 242 personel untuk pengamanan agenda utama WWF hari ini, mulai dari persiapan upacara pembukaan, selama upacara pembukaan, hingga akhir agenda hari ini.

Pada kesempatan itu, Karopenmas menyatakan bahwa Brimob bersama Detasemen K9 telah melakukan sterilisasi venue untuk persiapan pembukaan acara tersebut.

Selain itu, ada pengamanan berlapis dan pengawalan bagi para delegasi hingga venue pembukaan.

“Tadi kami sampaikan, dari Paspampres untuk ring 1, kemudian TNI di ring 2, dan Polri serta stakeholder lainnya di ring 3. Tentunya ini menjadi kebanggaan bagi Indonesia, sebuah event yang benar-benar mendapat kepercayaan dari dunia internasional. Kami juga mengucapkan terima kasih, apresiasi, dan partisipasi dari masyarakat dengan turut serta menjaga kearifan lokal serta seluruh elemen masyarakat,” tambahnya.

(KMS)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait