PMI Pusat Kembali Kirim 2 Unit Mobil Tangki Air Bersih ke Posko TDB PMI Bukittinggi

PMI Pusat Kembali Kirim 2 Unit Mobil Tangki Air Bersih ke Posko TDB PMI Bukittinggi

TOPSUMBAR – Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat mengirimkan dua unit mobil tangki air bersih ke posko TDB PMI Bukittinggi di Galuang, Nagari Sungai Pua, Kabupaten Agam, Rabu 15 Mei 2024.

Bantuan ini bertujuan untuk mendukung penanganan bencana banjir bandang dan banjir lahar dingin di wilayah tersebut.

Sebelumnya, PMI Sumatera Barat juga telah mengirimkan dua unit mobil tangki air bersih ke posko yang kini dikelola oleh PMI Bukittinggi, berlokasi di SDN 05 Galuang, Nagari Sungai Pua, Kabupaten Agam.

Bacaan Lainnya

“Pengelolaan SDM dan tenaga di posko ini dipercayakan kepada PMI Bukittinggi karena mereka memiliki SDM yang memadai,” ujar Chairunnas, Ketua PMI Kota Bukittinggi.

Chairunnas menambahkan, bahwa PMI Bukittinggi memiliki tim wash (water, sanitation, and hygiene) yang dipimpin oleh Kepala Markas PMI Bukittinggi, Ahmad Jais.

“Saat ini, PMI Bukittinggi telah menerima empat unit tangki air bersih. Sesuai arahan Ketua Umum PMI Pusat, Jusuf Kalla, dan Ketua PMI Sumatera Barat, Aristo Munandar, akan ada tambahan dua unit mobil tangki air bersih yang akan didistribusikan melalui PMI Bukittinggi untuk membantu korban bencana di Agam dan Tanah Datar,” lanjut Chairunnas.

Dengan adanya tambahan bantuan ini, ia berharap distribusi air bersih dapat lebih merata dan menjangkau lebih banyak korban bencana.

Air bersih sangat penting untuk kebutuhan sehari-hari seperti minum, memasak, dan sanitasi.

PMI berkomitmen untuk selalu hadir di tengah masyarakat dalam situasi darurat, memberikan bantuan yang cepat dan tepat guna.

Selain itu, ia juga berharap Koordinasi antara PMI Pusat dan PMI dapat meningkatkan efektivitas dalam penanganan bencana di masa depan.

“Terima kasih kepada PMI Provinsi Sumatera Barat yang telah mempercayakan PMI Bukittinggi untuk menanggulangi dan membantu masyarakat korban banjir bandang di Kabupaten Agam,” tutup Chairunnas.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait