Pj Wali Kota Payakumbuh Luncurkan PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Pj Wali Kota Payakumbuh Luncurkan PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

TOPSUMBAR – Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Jasman secara resmi meluncurkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Payakumbuh untuk tahun ajaran 2024/2025 di SD Negeri 2 Payakumbuh pada Senin, 13 Mei 2024.

“Hari ini, penerimaan peserta didik baru untuk tahun pelajaran 2024/2025 di jenjang TK, SD, dan SMP dimulai. Pendaftaran akan berlangsung secara online dari 13 Mei hingga 25 Mei 2024,” ujar Jasman.

Ia menjelaskan bahwa calon siswa untuk jenjang SD dan SMP dapat mendaftar di sekolah yang dituju melalui jalur yang telah ditetapkan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Bacaan Lainnya

“Untuk jenjang SD, jalur pendaftaran mencakup zonasi dan perpindahan tugas orang tua. Sementara itu, untuk jenjang SMP, jalur yang tersedia adalah zonasi, prestasi, dan perpindahan tugas orang tua,” tambahnya.

Jasman menegaskan bahwa jalur zonasi disesuaikan dengan pembagian wilayah kelurahan yang telah ditetapkan pada tahun sebelumnya, memungkinkan calon siswa untuk mendaftar di sekolah yang terdekat dengan tempat tinggal mereka.

“Jalur prestasi mencakup prestasi akademik, non-akademik, dan tahfidz minimal tingkat kota. Sedangkan jalur perpindahan tugas orang tua memerlukan SK perpindahan tugas,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan PPDB tahun pelajaran 2024/2025, Jasman berharap bahwa Tim Pelaksana Satuan Pendidikan berkomitmen penuh untuk menyukseskan PPDB di Kota Payakumbuh dengan mematuhi aturan yang berlaku dan menghindari pungutan dalam proses PPDB.

“Mari kita sukseskan PPDB tahun 2024/2025 agar seluruh anak-anak di Kota Payakumbuh dapat tertampung di sekolah-sekolah yang ada,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Dasril, menyampaikan bahwa berdasarkan data, kuota daya tampung sekolah masih mencukupi untuk menampung peserta didik di Kota Payakumbuh.

“Berdasarkan data, jumlah peserta didik dari satuan PAUD yang akan lulus tahun 2023/2024 berjumlah 2.327 siswa, sedangkan daya tampung untuk sekolah dasar adalah sebanyak 3.612 siswa,” ungkapnya.

Untuk jenjang sekolah dasar, jumlah peserta didik yang akan lulus tahun 2023/2024 berjumlah 2.650 siswa, dengan daya tampung untuk sekolah menengah pertama sebanyak 3.168 siswa.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait