Peringati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, PT BPP Pasaman Barat Adakan Penanaman Pohon Juni Mendatang

Staf Lingkungan Hidup PT. BPP, Dani Kadarma

TOPSUMBAR – Perkebunan kelapa sawit PT Bakrie Pasaman Plantations (BPP) di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) akan melaksanakan penanaman pohon di lokasi perkebunan mereka.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Bulan Juni 2024 ini, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia.

Kegiatan penanaman pohon tersebut difokuskan pada Daerah Aliran Sungai (DAS) yang melintas di area perkebunan.

Bacaan Lainnya

“Jadi, untuk menghijaukan kembali kawasan DAS yang ada di wilayah perkebunan PT BPP, baik itu di BPP Air Balam maupun BPP Sungai Aur,” kata Staf Lingkungan PT BPP, Dani Kadarma, saat dikonfirmasi topsumbar.co.id, Jum’at (31/5/2024).

Dani menambahkan, untuk penanaman pohon akan dilakukan secara berkelanjutan di seluruh DAS yang ada di dua unit perkebunan PT BPP.

Tapi, untuk tahap awal kita akan lakukan penanaman pohon secara seremonial dengan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melalui Dinas Lingkungan Hidup di bulan juni ini.

“Untuk di kegiatan seremonial nanti kita akan melalukan penanaman tumbuhan buah-buahan, karena selain pelindung juga bermanfaat kepada karyawan dan masyarakat nantinya,” terangnya.

Selesai penanaman secara seremonial kata Dani, kita akan lanjutkan program penanaman kayu secara berkelanjutan demi menjaga kelestarian lingkungan di sekitar DAS PT BPP.

Karena, dengan lingkungan yang asri maka akan memunculkan kenyamanan dan kesejukan bagi kita semua.

Selain untuk mencegah erosi tanah penanaman pohon juga membuat kualitas udara menjadi lebih baik. Pohon memainkan peran penting dalam memurnikan udara.
Orang-orang yang tinggal di daerah dengan banyak pohon memiliki risiko lebih kecil menderita kondisi yang berhubungan dengan udara.

“Pohon dapat memurnikan karbon dioksida dan memberikan oksigen melalui fotosintesis,” jelasnya.

Disamping itu, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pasaman Barat, Ziyat, mengatakan sangat mensupport rencana kegiatan PT BPP tersebut dalam melaksanakan penanaman pohon nantinya. Karena menurutnya, kegiatan tersebut sangat banyak manfaat bagi areal di perkebunan mereka.

“Selain menyelamatkan DAS, juga sangat bermanfaat untuk menjaga kelestarian alam disepanjang DAS,” sebutnya singkat.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait