Penyaluran Bantuan PKH Murni di Rumah Dinas Wali Kota Bukittinggi, Ini Kata Masyarakat

Penyaluran Bantuan PKH Murni di Rumah Dinas Wali Kota Bukittinggi, Ini Kata Masyarakat

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi kembali menyalurkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) murni tahap 3 triwulan II tahun 2024.

Acara penyerahan bantuan tersebut berlangsung di aula rumah dinas Wali Kota Bukittinggi pada Jumat, 24 Mei 2024.

Sekretaris Daerah (Sekda) Martias Wanto, mewakili Wali Kota Erman Safar, secara simbolis menyerahkan bantuan kepada masyarakat penerima.

Bacaan Lainnya

Hal ini mendapat respon yang positif dari masyarakat kota Bukittinggi.

Seorang penerima bantuan, Ibu N, menyatakan bahwa bantuan tersebut sangat membantu dalam mengatasi kesulitan ekonomi keluarganya selama setahun terakhir.

“Selama satu tahun ini, kami mengalami kesulitan dalam hal ekonomi. Namun dengan bantuan dari program PKH, kami merasa sangat terbantu,” ujarnya.

Selain ini, Bapak Nofri juga mengungkapkan bahwa bantuan ini membawa perubahan positif bagi keluarganya.

“Alhamdulillah, sejak mendapat bantuan PKH ini, perekonomian kami telah membaik. Program ini memang sangat membantu kami,” katanya.

Siti (nama samaran), seorang ibu rumah tangga dengan anak penyandang disabilitas, merasa terbantu dengan adanya bantuan dari pemerintah kota. Ia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Wali Kota, Erman Safar.

“Terima kasih saya ucapkan kepada bapak Erman Safar. Bantuan yang diberikan Pemerintah Kota ini sangat membantu saya sebagai Ibu rumah tangga, terlebih saya memiliki anak yang berkebutuhan khusus,” ungkapnya.

Sekda Martias Wanto menjelaskan bahwa bantuan ini diperuntukkan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) melalui usulan daerah.

Bantuan tersebut disalurkan melalui PT Pos Indonesia dalam bentuk uang tunai setiap tiga bulan sekali.

“Setiap tiga bulan sekali, Kemensos menyalurkan bantuan lebih dari Rp 492 juta untuk 602 KPM,” ujarnya.

“Semoga bantuan yang kami berikan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh masyarakat penerima,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Bukittinggi, Syanji Faredy, menambahkan bahwa bantuan yang disalurkan merupakan bansos PKH murni tahap 3 untuk triwulan II tahun 2024.

Nilai bantuan yang diterima setiap KPM bervariasi sesuai dengan komponen PKH yang terdapat dalam keluarga masing-masing.

Bantuan yang diterima tiap KPM berkisar antara Rp 225.000 hingga Rp 2.700.000, tergantung pada kondisi keluarga tersebut.

Penerima bantuan PKH murni triwulan II tahun 2024 ini berasal dari tiga kecamatan, yaitu MKS, Guguak Panjang, dan ABTB.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait