Pemko Payakumbuh Terus Percepat Penurunan Stunting Melalui Rapat Evaluasi TPPS

Pemko Payakumbuh Terus Percepat Penurunan Stunting Melalui Rapat Evaluasi TPPS

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh menggelar rapat evaluasi bersama Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) guna menghadapi penilaian kinerja stunting tahun 2024 oleh Provinsi Sumatera Barat.

Rapat ini berlangsung di aula pertemuan Randang lantai II kantor Wali Kota Payakumbuh pada Kamis, 30 Mei 2024 pagi.

Sekretaris Daerah sekaligus Ketua TPPS Kota Payakumbuh, Rida Ananda memimpin rapat tersebut dengan didampingi oleh Asisten I Wali Kota bidang Pemerintah dan Kesra, serta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan tersebut, Rida Ananda menekankan bahwa penurunan angka stunting di Kota Payakumbuh merupakan tanggung jawab bersama untuk membentuk generasi emas di masa depan.

Dengan prevalensi stunting Kota Payakumbuh saat ini sebesar 19,8 persen, ia berharap pada tahun 2024 dapat turun menjadi 14 persen.

Proses percepatan penurunan stunting ini melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mulai dari tingkat kecamatan hingga kelurahan.

“Tentu saja, komitmen, konsistensi, dan peningkatan kinerja harus diperkuat dari seluruh lini agar angka stunting di kota Payakumbuh dapat semakin ditekan, sehingga target yang telah ditetapkan untuk tahun 2024 ini dapat tercapai,” ungkapnya.

Selain itu, rapat tersebut bertujuan untuk memastikan pelayanan dan pencegahan stunting dilakukan secara berkualitas, memadai, dan menyentuh langsung kelompok sasaran, termasuk remaja, calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, dan anak usia 0-59 bulan.

TPPS diharapkan mampu menekan stunting secara efektif, konvergen, serta terintegrasi dengan lintas sektoral di tingkat kota, kecamatan, dan kelurahan.

Rida Ananda juga mengimbau seluruh anggota TPPS Kota Payakumbuh untuk menghasilkan output berupa penetapan kelurahan prioritas intervensi dan pelaksanaan program penurunan stunting guna mencapai target prevalensi pada tahun 2024.

Rapat dilanjutkan dengan pembahasan bersama TPPS Kota Payakumbuh untuk menyinkronkan data dari masing-masing OPD guna mencapai target penurunan stunting menjadi 14 persen pada akhir tahun 2024.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait