Pemko Pariaman Tetap Dampingi Lulusan Program Beasiswa Saga Saja dalam Mencari Pekerjaan

Pemko Pariaman Tetap Dampingi Lulusan Program Beasiswa Saga Saja dalam Mencari Pekerjaan

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman terus mendampingi siswa peserta program beasiswa perguruan tinggi “Satu Keluarga Satu Sarjana” (Saga Saja) yang telah lulus pendidikan untuk mendapatkan pekerjaan.

Staf Ahli Wali Kota Pariaman Bidang Sumber Daya Manusia dan Kemasyarakatan, Hertati Taher, menyampaikan bahwa 45 persen dari 339 peserta yang telah lulus pendidikan telah mendapatkan pekerjaan.
“Siswa yang belum mendapatkan pekerjaan ini masih kami dampingi agar mereka segera memperoleh pekerjaan,” kata Hertati Taher pada Jumat, 31 Mei 2024.

Hertati menjelaskan bahwa dari pendampingan yang dilakukan, terlihat bahwa peserta kurang termotivasi dalam mencari dan melamar pekerjaan. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Pariaman berusaha meningkatkan motivasi mereka.

Bacaan Lainnya

“Kami telah mengadakan pertemuan antara peserta yang belum mendapatkan pekerjaan dengan mereka yang sudah bekerja, minimal melalui konferensi video, sebagai upaya untuk memberikan motivasi dan berbagi trik agar diterima kerja,” ujarnya.

Hertati menambahkan bahwa Pj Wali Kota Pariaman juga ikut dalam pertemuan tersebut.

Hertati meminta peserta program Saga Saja untuk tidak hanya berpikir tentang bekerja sebagai pegawai di Pemerintah Kota Pariaman karena peluangnya sangat terbatas.

“Peserta program harus terus mempersiapkan diri, mencari lowongan kerja, melamar pekerjaan, dan memanfaatkan jaringan yang didapat selama kuliah,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa program Saga Saja dibuat untuk mengentaskan kemiskinan melalui pendidikan, sehingga peserta dari program ini berasal dari keluarga miskin.

Dengan mendapatkan pekerjaan yang layak dengan gaji yang memadai, peserta diharapkan dapat meningkatkan status ekonomi keluarganya.

Pendampingan dari Pemko Pariaman telah berlangsung sejak siswa SMA sederajat asal Pariaman ditetapkan sebagai peserta Saga Saja, dilanjutkan selama perkuliahan, bahkan mencakup pengelolaan asrama, hingga mereka mendapatkan pekerjaan.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Pariaman mencatat bahwa sekitar 150-an atau 45 persen dari 339 peserta program beasiswa perguruan tinggi Saga Saja yang telah lulus pendidikan telah mendapatkan pekerjaan.
“Mereka sekarang bekerja di luar daerah, seperti di Jakarta dan Batam,” kata Hertati Taher.

Ia mengatakan peserta tersebut bekerja di luar Pariaman karena daerah tersebut masih terbatas dalam hal lowongan pekerjaan serta gaji yang diperoleh tidak sebesar di daerah lain.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait