Pemko Bukittinggi Siapkan Sapi Kandidat Hewan Kurban Pilihan Presiden Jokowi

Pemko Bukittinggi Siapkan Sapi Kandidat Hewan Kurban Pilihan Presiden Jokowi (Foto: Dok.Istimewa)

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi, melalui Dinas Pertanian dan Pangan (DPP), sedang mempersiapkan sapi yang terpilih menjadi salah satu kandidat hewan kurban untuk Presiden Joko Widodo.

Kepala DPP Bukittinggi, Hendry, menyatakan bahwa kota ini patut berbangga karena sapi milik peternak di Kelurahan Ladang Cakiah, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, menjadi salah satu calon sapi kurban bantuan Presiden tahun 2024. Pengumuman ini disampaikan pada Kamis, 30 Mei 2024.

“Kota Bukittinggi patut berbangga, karena salah satu sapi milik peternak di Kelurahan Ladang Cakiah, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, menjadi kandidat calon sapi kurban bantuan Presiden tahun 2024,” ujar Hendry.

Bacaan Lainnya

Sapi dari Bukittinggi ini akan bersaing dengan calon sapi dari kabupaten dan kota lainnya di Provinsi Sumatera Barat, termasuk Kabupaten Lima Puluh Kota, Kota Payakumbuh, dan Solok.

“Terdapat empat kabupaten dan kota di Sumbar yang akan dipilih Presiden, yakni Bukittinggi, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kota Payakumbuh, dan Solok,” lanjut Hendry.

Hendry menjelaskan bahwa sapi kandidat dari Bukittinggi telah dipantau langsung oleh Pemprov Sumbar dan telah menjalani pemeriksaan kesehatan.

Tim Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sumatera Barat telah melakukan pengukuran tinggi, panjang, dan lingkar dada sapi, dengan taksiran bobot hidup mencapai 1.090 kilogram.

“Tim Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sumatera Barat telah melakukan pengukuran tinggi, panjang, dan lingkar dada sapi, dengan taksiran bobot hidup 1.090 kilogram,” tambah Hendry.

Selanjutnya, usulan sapi dari kabupaten dan kota yang telah diverifikasi akan dipilih sapi terbaik untuk dilakukan penimbangan langsung dan pemeriksaan kesehatan oleh Tim DPKH Provinsi sebelum ditetapkan satu ekor sebagai sapi bantuan Presiden untuk hewan kurban tahun 2024.

“Sebelum ditetapkan satu ekor sebagai sapi bantuan Presiden untuk hewan kurban tahun 2024, semoga Kota Bukittinggi terpilih,” harap Hendry.

DPP Bukittinggi saat ini terus memberikan pendampingan kepada pemilik sapi dalam menjaga kesehatan optimal dari sapi yang memiliki warna kombinasi putih dan coklat tersebut.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait