Pemkab Padang Pariaman Jalin Kerja Sama dengan UBH, Tingkatkan Kualitas Pembangunan

Pemkab Padang Pariaman Jalin Kerja Sama dengan UBH, Tingkatkan Kualitas Pembangunan

TOPSUMBAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman menandatangani perjanjian kerja sama dengan Universitas Bung Hatta (UBH) melalui Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembangunan daerah.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Padang Pariaman, Azwarman, dan Ketua Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Bung Hatta, Era Triana, pada Senin 20 Mei 2024 di ruang sidang Fakultas Teknik Sipil Universitas UBH, Padang.

Sebelumnya, telah ada Kesepakatan Bersama (MoU) antara Universitas Bung Hatta dan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman tentang Kerja Sama di Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan, serta Pengabdian Masyarakat yang ditandatangani pada tahun 2022.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini difasilitasi oleh Bagian Tata Pemerintahan dan Kerja Sama (TPKS) Sekretariat Daerah Kabupaten Padang Pariaman.

Dalam sambutannya, Azwarman mengucapkan terima kasih atas kesediaan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Bung Hatta untuk bekerja sama dalam melaksanakan penelitian tahun ini.

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi kebijakan yang berguna bagi perencanaan pembangunan daerah, khususnya di Kabupaten Padang Pariaman.

Azwarman menyebutkan bahwa tema penelitian yang diangkat meliputi Indeks Pelayanan Infrastruktur Kabupaten Padang Pariaman, Pemetaan Sebaran Data Pokok Pendidikan Kabupaten Padang Pariaman, serta Kajian Evaluasi Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan terhadap Pola Ruang RTRW Kabupaten Padang Pariaman dalam upaya mendukung ketahanan pangan.

“Hasil penelitian ini nantinya tidak hanya disajikan dalam bentuk laporan, tetapi juga dilengkapi dengan aplikasi berbasis peta atau Web Geographic Information System (WebGIS). Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk mendukung berbagai program pembangunan serta meningkatkan kinerja layanan infrastruktur Kabupaten Padang Pariaman,” ujar Azwarman.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Kabid Fisik dan Prasarana, Kresna Handoyo, Kabid Sosial dan Budaya, Zuinna Marlius, Kabid Ekonomi, Trisna Junaili, dan perwakilan dari Bagian TPKS Sekretariat Daerah, Vera Andriani.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait