Pemkab Agam Terus Perbaiki Infrastuktur Pasca Banjir Bandang, 6 dari 21 Jembatan Sudah Bisa Dilalui Kembali

Pemkab Agam Terus Perbaiki Infrastuktur Pasca Banjir Bandang, 6 dari 21 Jembatan Sudah Bisa Dilalui Kembali

TOPSUMBAR – Dampak bencana alam banjir bandang yang melanda beberapa kecamatan di Kabupaten Agam mulai teratasi.

Hal ini dibuktikan dengan seriusnya penanganan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam, termasuk perhatian dari Presiden RI, Joko Widodo.

Dicatatkan bahwasanya sejumlah infrastruktur mengalami kerusakan akibat banjir tersebut, termasuk 21 unit jembatan dan 54 unit saluran irigasi.

Bacaan Lainnya

Pemkab Agam bersama dengan bantuan Denzipur TNI telah berhasil memperbaiki 6 dari 21 jembatan yang rusak.

Salah satu jembatan yang telah selesai diperbaiki ialah jembatan Kasiak yang berada di nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang.

Saat ini, jembatan tersebut telah dapat digunakan kembali oleh kendaraan roda 2 maupun roda 4 dengan tonase hingga 20 ton.

Sementara itu, normalisasi dan perbaikan tanggul sungai serta saluran irigasi sebanyak 22 unit sedang dilakukan, dengan usulan perbaikan melalui dana kedaruratan dalam masa tanggap darurat kerjasama antara Pemkab Agam dan BWSS wilayah 5.

Kepala Dinas PUTR Kabupaten Agam, Ofrizon, menyatakan bahwa sejak kejadian banjir bandang, 21 unit jembatan dan 54 unit irigasi mengalami kerusakan.

Namun saat ini 6 jembatan telah berhasil diperbaiki dan kembali dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Semenjak kejadian banjir bandang lalu, sebanyak 21 unit jembatan dan 25 irigasi mengalami kerusakan. Alhamdulillah saat ini 6 jembatan telah kita lakukan perbaikan, dan telah dapat dilalui oleh masyarakat,” jelasnya pada Jumat, 24 Mei 2024.

“Atas nama Pemerintah Daerah, kami mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh semua pihak termasuk dalam proses perbaikan infrastruktur ini,” tambahnya.

Sementara itu Dedi, seorang warga yang juga Ketua Pemuda Bukik Batabuah, menyambut baik penyelesaian perbaikan jembatan Batang Kasiak.

Ia menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak, khususnya pihak TNI, yang telah menyelesaikan pembangunan jembatan tersebut sehingga akses ke kampung sebelah dapat lancar.

“Atas nama warga khususnya di Nagari Bukik Batabuah, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya dari pihak TNI yang telah membantu menyelesaikan pembangunan jembatan ini,” ucapnya.

“Semoga pembangunan jembatan ini dapat terus dilanjutkan hingga mendapatkan konstruksi yang lebih baik yang dapat bertahan hingga masa yang akan datang,” harapnya.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait