Pemerintah Kecamatan Padang Panjang Timur Gelar Rapat Antisipasi Bencana dengan Forkopimca

TOPSUMBAR – Untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana, Pemerintah Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT) mengadakan rapat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Tingkat Kecamatan (Forkopimca) di Aula Kantor Camat pada Selasa (23/4/2024).

Rapat ini dipimpin oleh Plt. Camat PPT, Gusrial, S.Sos, dan dihadiri oleh Kapolsek Padang Panjang, Iptu Farid Fauzan, S.Kom, Danramil 01/PP, Kapten Inf Ibrahim, serta Kasi Tata Pemerintahan, Ketua FKPM, dan Ketua KSB kelurahan se-PPT.

Dalam rapat tersebut, Gusrial mengungkapkan bahwa selama Ramadan lalu, terjadi peningkatan jumlah kejadian bencana di wilayah PPT.

“Curah hujan yang tinggi menyebabkan banjir di Kelurahan Sigando, jembatan putus di Ganting, serta kebakaran di Guguk Malintang. Baru-baru ini, ada juga laporan mengenai pencurian ternak,” jelas Gusrial.

Ia berharap rapat Forkopimca ini dapat menghasilkan solusi untuk mengantisipasi dan mengurangi bencana yang menimpa masyarakat PPT.

Kapolsek Farid Fauzan mengimbau agar Kampung Siaga Bencana (KSB) lebih meningkatkan kewaspadaan dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Dengan tingginya curah hujan saat ini, mari kita antisipasi bersama KSB. Jika ada saluran air yang tersumbat, mari bersama-sama membersihkannya agar tidak meluap dan berdampak pada masyarakat,” ujar Fauzan.

Terkait pencurian ternak, Fauzan menyarankan untuk menggiatkan kembali siskamling.

“Pencegahan pencurian ternak bisa dilakukan dengan menggiatkan siskamling. Jika ada kejadian, laporkan segera agar bisa ditindaklanjuti dengan cepat,” tambah Ibrahim.

(AL)

Pos terkait