Nagari Koto Gaek Guguak Jadi Pusat Penilaian PKK Sumbar 2024, Semangat Solok Super Tim Menggema

Nagari Koto Gaek Guguak Jadi Pusat Penilaian PKK Sumbar 2024, Semangat Solok Super Tim Menggema

TOPSUMBAR – Bupati Solok yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Solok, Medison menghadiri acara pembukaan penilaian lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Acara tersebut berlangsung di Nagari Koto Gaek Guguak, Kabupaten Solok pada Selasa, 28 Mei 2024.

Turut hadir Pimpinan DPRD Kabupaten Solok, Ketua TP PKK Provinsi Sumbar beserta jajaran tim penilai, Ketua TP PKK Kabupaten Solok beserta jajaran, Staf Ahli Bupati, OPD, Forkopimda, Forkopimcam, dan tamu undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Sekda Kabupaten Solok, Medison mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumbar.

Ia juga menekankan komitmen Pemerintah Daerah untuk selalu mendukung seluruh kegiatan di Kabupaten Solok, termasuk Gerakan PKK.

“Selamat datang kepada Tim Penilai Lomba Gerakan PKK di Kabupaten Solok ini. Kegiatan ini sengaja kita adakan di ruang terbuka, agar dapat menunjukkan keindahan alam Kabupaten Solok kepada para Tim Penilai dan tamu undangan lainnya,” ujarnya.

“Sebagai Pemerintah Daerah, kami selalu mendukung penuh setiap kegiatan untuk memajukan Kabupaten Solok, termasuk Gerakan PKK dengan 10 Program Pokoknya yang berkaitan dengan program pembangunan Pemerintah Daerah,” ungkapnya.

Medison menekankan bahwasanya PKK merupakan elemen yang penting dalam Pembangunan Kabupaten Solok. Menurutnya, 10 Program Pokok PKK sangat sejalan dengan program pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah.

Selain itu, Medison juga menyoroti prestasi PKK Kabupaten Solok yang telah meraih juara umum pada Jambore TP PKK tingkat Provinsi Sumbar pada tahun 2023 lalu.

“Pada tahun 2023 lalu, Alhamdulillah Kabupaten Solok berhasil meraih juara umum pada Jambore TP PKK tingkat Provinsi Sumbar. Dan pada tahun ini, Alhamdulillah kita dipercaya sebagai tuan rumah pada Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar pada 16-19 Juli 2024 mendatang di Kawasan Alahan Panjang Resort,” tambahnya.

Dengan semangat “Solok Super Tim”, Medison menyatakan kesiapan Kabupaten Solok dalam mensukseskan Jambore Kader PKK Berprestasi tahun 2024 mendatang.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Solok, Ny. Emiko Epyardi Asda dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumbar, Ny. Fitria Amelia Audy.

“Selamat datang kami ucapkan kepada Wakil Ketua PKK Provinsi Sumbar, Ibu Fitria Amelia Audy beserta para tim penilai. Kami berharap kedatangan Ibu beserta rombongan dapat memberikan semangat dan motivasi bagi anggota TP PKK Kabupaten Solok. Semoga Kabupaten Solok dapat menjadi yang terbaik di Sumatera Barat melalui program pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ny. Emiko juga menjelaskan alasan pemilihan Nagari Koto Gaek Guguak sebagai lokasi acara. Menurutnya, lokasi tersebut telah memenangkan Lomba Gerakan PKK Tingkat Kabupaten Solok pada tahun 2023, dan terkenal dengan kuliner khasnya yakni, rendang.

“Nagari Koto Gaek Guguak ini telah menjadi juara Gerakan PKK Tingkat Kabupaten Solok tahun 2023, terlebih kuliner khasnya adalah rendang. Selain itu, dukungan dari stakeholder terkait pun beserta masyarakatnya sangat mendukung dalam pembangunan Kabupaten Solok. Kami berharap, momen ini dapat menjadi Motivasi bagi TP PKK tiap tingkatan untuk terus melakukan evaluasi dalam pelaksanaan programnya, agar PKK dapat bekerja sama dengan baik sebagai mitra dari Pemerintah,” ujarnya.

“Kami bangga dengan apa yang telah dicapai oleh Nagari Koto Gaek Guguak ini, dan kami sangat mendukung segala masukan dari Tim Penilai agar dapat lebih baik lagi di masa mendatang,” tutupnya.

Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumbar yang sekaligus Ketua Tim Penilai, Ny. Fitria Amelia Audy dalam sambutannya menjelaskan bahwa penilaian dilakukan pada lima kategori lomba.

“Kami akan menilai Lomba Kelembagaan dan Tertib Administrasi PKK. Penilaian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengelolaan kelembagaan dan administrasi PKK di tiap daerah,” ujarnya.

Ia menekankan bahwasanya administrasi yang baik adalah tolak ukur dari pelaksanaan dan publikasi yang efektif dari 10 Program Pokok PKK.

“Kategori Kedua adalah Pola Asuh Anak di Era Digital (PAREDI) dari Pokja 1. Kami ingin memastikan penggunaan smartphone terhadap anak dan remaja diawasi dengan baik,” tambahnya.

“Penilaian Ketiga ialah Penilaian Kampung Mandiri dari Pokja 2. Ini mendorong adanya kreatifitas usaha keluarga dengan memanfaatkan potensi yang ada. Sedangkan pada penilaian keempat ialah Pokja 3, menilai Lomba Kawasan AKU HATINYA PKK. Dalam penilaian ini, kami ingin melihat bagaimana masyarakat memanfaatkan perkarangannya secara maksimal,” tambahnya lagi.

Sedangkan pada penilaian terakhir, yakni Penilaian PHBS Plus dari Pokja 4 yang akan melihat tujuh indikator perilaku hidup bersih dan sehat. Serta dua indikator keluarga sehat yang peduli lingkungan.

“Kami sangat mengapresiasi upaya semua pihak dalam melaksanakan 10 Program Pokok PKK. Semoga penilaian ini dapat memberikan gambaran tentang kemajuan yang telah dicapai dan yang perlu ditingkatkan,” tutupnya.

(BY)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait