Menteri Perdagangan RI Serahkan Bantuan kepada Korban Banjir Lahar Dingin di Kabupaten Agam

Menteri Perdagangan RI Serahkan Bantuan kepada Korban Banjir Lahar Dingin di Kabupaten Agam

TOPSUMBAR – Menteri Perdagangan RI sekaligus Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Zulhas), mengunjungi warga yang terdampak banjir bandang lahar dingin di Kabupaten Agam pada Kamis, 23 Mei 2024.

Dalam kunjungannya, Zulhas menegaskan bahwa penanganan bencana sudah berjalan optimal.

“Pak Presiden sudah ke sini, Pak Prabowo juga, dan Menteri PUPR juga. Saya kira penanganan bencana sudah optimal, hanya saja memerlukan waktu,” kata Zulhas kepada awak media setibanya di lokasi.

Bacaan Lainnya

Setiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Zulhas langsung menuju Kabupaten Agam. Dalam kunjungannya, Menteri Perdagangan tersebut didampingi oleh Ketua DPW PAN Sumbar, Indra Dt Rajo Lelo, serta beberapa bupati, termasuk Bupati Solok Epyardi Asda, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, Bupati Pasaman Barat Hamsuardi, eks Wali Kota Padang Hendri Septa, eks Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar, dan sejumlah kader PAN Sumbar.

Sesampainya di Agam, Zulhas disambut oleh Bupati Agam, Andri Warman dan langsung menuju posko siaga bencana yang didirikan oleh DPW PAN.

Zulhas beberapa kali terlihat menyapa masyarakat di Jorong Simpang Bukik, Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang.

Dalam kesempatan tersebut, Zulhas menyerahkan bantuan berupa uang sebesar Rp 100 juta dan 40 truk berisi sembako serta keperluan pribadi bagi para pengungsi.
Bantuan ini diterima secara langsung oleh Bupati Agam.

“Bantuan dari Kemensos dan masyarakat lainnya terus mengalir, baik dalam bentuk makanan maupun bantuan lainnya. Saya rasa sudah hampir semua kebutuhan terpenuhi dengan baik,” jelas Zulhas.

Selain memberikan bantuan, Zulhas berjanji akan membangun tempat usaha seperti pasar bagi warga terdampak banjir di Agam.

“Jika lahan sudah tersedia, kita akan segera membangunnya,” ujarnya sambil menekankan pentingnya lokasi strategis untuk membangkitkan kembali perekonomian warga.

Zulhas juga menyambangi SDN 08 Kubang Duo Koto Panjang dan berdialog dengan pengungsi.

Pada kesempatan ituu, Bupati Agam menyambut baik partisipasi dan bantuan dari Mendag RI serta menjelaskan dampak dan kondisi terkini penanganan bencana di wilayahnya.

“Saat ini rumah dengan kategori rusak berat, sedang, dan ringan sudah terdata oleh kami, termasuk lahan pertanian, irigasi, jembatan, dan tempat usaha yang menjadi penopang mata pencaharian warga. Semoga bantuan dari Bapak bisa meringankan beban korban,” papar Bupati.

Zulhas juga mendoakan agar Kabupaten Agam segera bangkit dan pulih dari bencana yang melanda.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait