Masyarakat Sikilang Pasbar Butuh Akses Jalan yang Layak, Kasmanedi: Gunakan Program CSR PT Agrowiratama

Jembatan Penghubung Ibu kota Kecamatan Sungai Aur dengan Jorong Sikilang

TOPSUMBAR – Perusahaan harus memberikan kontribusi yang besar dalam mendukung kemajuan pembangunan di daerah, terutama dalam upaya mensejahterakan masyarakat.

Masyarakat berhak mendapatkan kesejahteraan dari aktivitas perusahaan yang berada di sekitar mereka.

Menurut salah seorang tokoh muda Sikilang, Kasmanedi, SH., mengatakan bahwa akses jalan yang layak sangat penting bagi masyarakat Jorong Sikilang, Kecamatan Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

Dari zaman penjajahan hingga sekarang, akses jalan yang layak dilalui belum pernah dirasakan oleh masyarakat. Melainkan jalan berbatu dan itupun melewati perusahaan kelapa sawit milik investor.

Padahal, Jorong Sikilang ini berada di sepadan perusahaan raksasa perkebunan kelapa sawit PT Agrowiratama.

Namun hingga sekarang belum mendapat perhatian dari perusahaan raksasa tersebut. Padahal, Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan itu ada setiap tahunnya.

“Apakah tidak bisa CSR perusahaan PT Agrowiratama itu untuk kesejahteraan masyarakat dalam hal pembangunan jalan utama menuju ibukota kecamatan,” tanya Kasmanedi yang juga seorang Advokad itu, pada Sabtu (18/5/2024).

Untuk itu, Kasmanedi atas nama masyarakat Jorong Sikilang berharap kepada Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat agar dapat mendorong PT Agrowiratama untuk melakukan pembangunan jalan dari ibu kota kecamatan Sungai Aur menuju Jorong Sikilang.

“Pemerintah Kabupaten dan DPRD Pasaman Barat di minta untuk mendorong PT Agrowiratama agar melakukan pembangunan jalan menuju Jorong Sikilang melalui program CSR nya. Apalagi, jembatan penghubung sudah dibangun oleh Pemkab Pasbar tapi tidak ada jalannya,” pinta Kasmanedi mengulangi.

Terkait persoalan jalan dari ibu kota kecamatan Sungai Aur menuju Jorong Sikilang, Ketua Komisi III DPRD Pasaman Barat (Pasbar) H. Nazwar, SH angkat bicara.

Pasalnya, permintaan masyarakat itu sudah sangat wajar dan perlu menjadi atensi bagi legislatif dan seharusnya menjadi atensi juga di Pemkab Pasbar.

“Saya yakin PT Agrowiratama memiliki kemampuan untuk melakukan itu. Karena, dengan begitu, berarti perusahaan telah berperan mendukung program pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat,” kata Nazwar saat dihubungi via telepon genggamnya.

Menurut Nazwar, apa yang diharapkan masyarakat itu sangat wajar, dan itu salah satu janji perusahaan saat masuk dulunya ke wilayah ini. Yaitu, akan ikut serta dalam mensejahterakan masyarakat sekitar perusahaan.

“Jadi, hal wajar persoalan ini di minta oleh masyarakat. Apalagi, akses jembatan yang menghubungkan ibu kota kecamatan dengan Jorong Sikilang sudah dibangun dengan anggaran milyaran rupiah. Namun disayangkan, akses jalannya tidak ada, tentu apa guna jembatan kalau jalan tidak ada,” tandasnya.

Dalam persoalan ini, kita dari DPRD Pasaman Barat akan membahasnya di forum dalam waktu dekat ini. Karena ini menyangkut kesejahteraan masyarakat.

“Selain membahasnya, kita juga akan mengundang instansi terkait untuk sama-sama mempertimbangkan permintaan masyarakat. Agar dapat mendorong pihak PT Agrowiratama untuk merealisasikan program CSR nya dalam pembangunan akses jalan tersebut,” katanya dengan tegas.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait