Masa Tanggap Darurat Diperpanjang 14 Hari, Kabupaten Agam Fokus pada Pemulihan Pasca Bencana

Masa Tanggap Darurat Diperpanjang 14 Hari, Kabupaten Agam Fokus pada Pemulihan Pasca Bencana

TOPSUMBAR – Masa tanggap darurat bencana banjir bandang lahar dingin (galodo) Gunung Marapi dan Singgalang di Kabupaten Agam diperpanjang hingga 14 hari ke depan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Agam, Syatria M.Si, mengungkapkan keputusan ini dalam rapat koordinasi Penanganan Pengurangan Risiko Bencana Galodo yang diadakan di Mess Pemkab Agam, Belakang Balok, pada Sabtu 25 Mei 2024.

Rapat tersebut juga dihadiri oleh Sekda Agam, H. Edi Busti, M.Si, BNPB, dan berbagai unsur lainnya.

Bacaan Lainnya

“Masa tanggap darurat sepakat kita perpanjang 14 hari lagi, yaitu hingga 8 Juni 2024, setelah mendengar saran dan masukan pada rapat koordinasi tadi,” ujar Syatria.

Perpanjangan masa tanggap darurat ini didasarkan pada saran dan pertimbangan dari berbagai pihak, termasuk Forkopimda, BMKG, BAZNAS, dan lembaga terkait lainnya.

“Banyak rumah yang masih perlu dibersihkan, dan material seperti batu besar masih terdapat di alur sungai yang berasal dari Gunung Marapi. Warga yang terdampak juga masih membutuhkan bantuan,” tambah Syatria.

Budi Perwiranegara, Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, juga membenarkan perpanjangan masa tanggap darurat ini. Posko utama tanggap darurat saat ini berada di Kantor Camat Sungai Pua.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Bupati Agam yang memantau jalannya rapat melalui Zoom meeting.

Ia juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dari BNPB, berbagai pihak, serta masyarakat yang turut serta bekerja keras dalam penanganan pemulihan pasca bencana ini.

“Terima kasih atas dukungan dari BNPB dan berbagai pihak serta masyarakat yang telah bekerja keras dalam penanganan pemulihan pasca bencana ini,” ujar Bupati Agam.

Perpanjangan masa tanggap darurat ini diharapkan dapat mempercepat proses pemulihan dan normalisasi di daerah terdampak galodo, serta memastikan bantuan dan penanganan yang optimal bagi masyarakat yang terkena dampak bencana.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait