Ketua Bawaslu Pessel Lantik 45 Anggota Panwaslu Kecamatan untuk Pilkada 2024

Ketua Bawaslu Pessel Lantik 45 Anggota Panwaslu Kecamatan untuk Pilkada 2024

TOPSUMBAR – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Afriki Musmaidi, melantik dan mengambil sumpah 45 anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan. Pelantikan tersebut dilaksanakan pada Jumat, 24 Mei 2024 di Hotel Hannah Painan.

Acara pelantikan yang dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) tersebut dihadiri oleh Bupati Pessel yang diwakili Plt Kepala Badan Kesbangpol Pessel, Mulyandri, Plh Kepala Sekretariat Bawaslu Pessel, Mafral, Waka Polres Pessel, Kompol Alwi Haskar, Ketua KPU Pessel, Aswandi, serta anggota komisioner Bawaslu dan KPU Pessel serta undangan lainnya.

Ketua Bawaslu Pessel, Afriki Musmaidi, menyampaikan ucapan selamat kepada anggota Panwaslu Kecamatan yang telah dilantik.

Bacaan Lainnya

Ia berharap para anggota dapat segera melaksanakan tugas sesuai dengan amanah undang-undang.

“Bawaslu Pessel telah melakukan rekrutmen Panwaslu Kecamatan melalui mekanisme yang diatur sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sebelum melakukan rekrutmen, kami terlebih dahulu melakukan seleksi kinerja sehingga didapatkan 31 anggota Panwaslu eksisting dari 45 anggota yang ada. Namun, dalam hal ini tidak ada istilah eksisting, sebab semua yang dilantik saat ini telah melalui proses yang ketat dan semuanya merupakan yang terbaik dari proses seleksi,” jelas Afriki.

Afriki juga menegaskan bahwa dalam menjalankan tugasnya, anggota Panwaslu Kecamatan harus berani tegas tanpa pandang bulu demi tegaknya aturan pemilu.

“Kita juga harus membangun komunikasi yang baik dengan semua pemangku kepentingan di kecamatan agar dapat meminimalisir berbagai persoalan yang mungkin terjadi ke depan,” tambahnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan para anggota Panwaslu Kecamatan yang telah dilantik untuk segera melaksanakan tugas mereka karena banyak pekerjaan yang menanti.

“Salah satunya adalah melakukan proses rekrutmen Panwaslu Kelurahan/Desa yang saat ini sedang berjalan,” ucapnya.

Dalam mengawal hak pilih masyarakat, Afriki meminta anggota Panwaslu Kecamatan untuk berkoordinasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Tujuannya agar tidak ada hak pilih masyarakat yang terabaikan. Saya juga meminta semua anggota Panwaslu Kecamatan yang telah dilantik untuk menjaga nama baik dan marwah Bawaslu di mata masyarakat,” tegasnya.

Plt Kepala Badan Kesbangpol Pessel, Mulyandri, juga menyampaikan ucapan selamat kepada semua anggota Panwaslu Kecamatan yang telah dilantik.

“Saya berharap agar ke depannya tetap melakukan koordinasi supaya kelancaran dan tanggung jawab dalam bekerja dapat terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Mulyandri juga mengapresiasi anggota Panwaslu Kecamatan yang telah dilantik dan segera akan melakukan seleksi terhadap calon anggota Panwaslu Kelurahan/Desa.

“Proses rekrutmen sudah diumumkan dan akan segera dilaksanakan,” tutupnya.

(RE)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait