Kelurahan Koto Panjang Masuk Tiga Besar Lomba Kelurahan Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat

TOPSUMBAR – Kelurahan Koto Panjang, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT), berhasil masuk tiga besar dalam Lomba Kelurahan Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Keberhasilan ini diumumkan setelah kelurahan tersebut lolos penilaian administrasi pada 27 Mei 2024 lalu.

Tim Penilai Provinsi dijadwalkan akan mengunjungi Kelurahan Koto Panjang pada Rabu, 12 Juni 2024, untuk melanjutkan verifikasi dan validasi lapangan.
Penilaian ini akan menentukan pemenang di antara tiga kelurahan finalis yakni, Kelurahan Koto Panjang Kecamatan Padang Panjang Timur, Kelurahan Kubu Marapalam Kota Padang, dan Kelurahan Koto Panjang Kota Payakumbuh.

Dalam rapat persiapan kunjungan Tim Penilai Provinsi yang diadakan pada Jumat, 31 Mei 2024, di Aula Kantor Lurah Koto Panjang, Asisten Administrasi Umum Setdako, Martoni, S.Sos, M.Si, mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bekerja sama demi kesuksesan penilaian ini.

“Mari bersama-sama menyukseskan penilaian ini. Semoga Koto Panjang bisa meraih juara pertama. Tentunya dengan dukungan seluruh stakeholder,” ujarnya.

Kepala Dinas Sosial PPKBPPPA, Drs. Osman Bin Nur, M.Si, mengungkapkan bahwa penilaian pada 12 Juni 2024 akan dimulai pukul 09:00 WIB dan berlangsung hingga selesai.

Lurah Koto Panjang akan memaparkan gambaran umum tentang penyelenggaraan pemerintahan, wilayah, potensi, dan inovasi dengan durasi maksimal 20 menit.

“Klarifikasi yang disampaikan melalui administrasi yang dikirim akan dikonfirmasi di lapangan. Ada enam hal yang akan diklarifikasi, yaitu bidang pemerintahan, kewilayahan dan LPM, PKK, pendidikan, kesehatan, serta ekonomi dan penanggulangan kemiskinan,” jelas Osman Bin Nur.

Sementara itu, Lurah Koto Panjang, Wira Jaya Septhika, S.STP, berharap ada pembinaan dari OPD terhadap enam sasaran tersebut.

Selama lomba nanti, pihaknya akan mendirikan stand Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK yang menampilkan produk dari UMKM, seperti tambunsu dan tunjang, serta karya seni dari batu koral.

“Kami akan menyambut tim penilai dengan penampilan Sanggar si Kumbang Tabang. Sanggar ini merupakan kreativitas yang hadir di tengah warga Koto Panjang,” ungkapnya.

Rapat persiapan tersebut juga dihadiri oleh Plt. Camat PPT, Gusrial, S.Sos, serta Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan berbagai unsur terkait lainnya.

(AL)

Pos terkait