Kapolres Solok Selatan Launching Dai Kamtibmas Jelang Pilkada Serentak

Kapolres Solok Selatan Launching Dai Kamtibmas Jelang Pilkada Serentak

TOPSUMBAR – Kapolres Solok Selatan, AKBP Arief Mukti Surya Adhi Sabhara melaunching secara resmi pembentukan dai Kamtibmas sebagai mitra Kepolisian dalam upacara pencegahan gangguan keamanan menjelang pilkada serentak 2024.

Arief Mukti mengatakan bahwasanya pada tahap awal, sebanyak 35 orang dai tersebar pada tujuh kecamatan di Solok Selatan, dan kedepannya akan ditambah.

“Beliau para dai ini, hampir setiap waktu berhadapan dengan masyarakat atau jamaahnya, sehingga bisa menjadi mitra kepolisian dalam menyampaikan pesan keamanan ataupun pemahaman isu terkini. Sehingga diharapkan dapat mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas,” kata AKBP Arief Mukti Surya Adhi Sabhara Senin, 27 Mei 2024.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya jelang Pilkada imbuhnya, tetapi para dai juga memiliki banyak kesempatan untuk bertemu kelompok masyarakat atau jamaahnya.

Dengan kondisi tersebut, peran dai sangat penting dalam pembentukan moral generasi muda guna mencegah terjadinya tindak kejahatan.

“Isu-isu di media sosial, tindak kejahatan cabul, pencurian dan sebagainya, akan dapat dicegah ketika para dai memberikan pemahaman nilai-nilai keagamaan, sehingga membentuk akhlak dan perilaku masyarakat,” katanya.

Bupati Solok Selatan, Khairunas mengatakan kolaborasi institusi sangat penting dalam pelayanan dan pencegahan tindak kejahatan guna menjaga keamanan ketertiban masyarakat

“Membangun tidak cukup hanya Bupati saja tetapi kolaborasi dengan stakeholder terkait juga diperlukan. Hingga saat ini Pemda terus berusaha menciptakan pusat keramaian baru untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Disinilah peran Kapolres dalam mendukung keamanannya,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda mengatakan bahwa Polres Solok Selatan telah melakukan terobosan dengan berbagai programnya.

Hal ini dalam rangka memberikan pelayanan serta menjaga keamanan dan ketertiban ditengah masyarakat

“Polres Solok Selatan dibawah kepemimpinan bapak Arif Mukti telah melahirkan banyak innovasi untuk melayani masyarakat Solok Selatan. Sementara Inovasi Daai Kamtibmas ini telah sejalan dengan visi misi kabupaten Solok Selatan yakni, satu jorong satu rumah Tahfiz”, katanya.

Kakan Kemenag Solok Selatan diwakili oleh Kasubag TU, Syafra Haradi mengatakan bahwa dengan adanya program dai Kamtibmas, pihaknya yakin dan percaya Kabupaten Solok Selatan akan menjadi kabupaten yang tertib dan aman.

“Ada banyak macam kejahatan, mulai dari bully di sekolah, intoleransi dan kejahatan lainnya, saat kepolisian turun bersama dai mencerahkan masyarakat maka segala bentuk kejahatan akan dapat dicegah dan diatasi,” katanya.

(KMS)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait