Kabupaten Pasaman Peroleh Opini WTP ke-11 Kali, Sabar AS Apresiasi Kontribusi Seluruh OPD

Kabupaten Pasaman Peroleh Opini WTP ke-11 Kali, Sabar AS Apresiasi Kontribusi Seluruh OPD

TOPSUMBAR – Kabupaten Pasaman kembali meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kepala BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Barat, Arif Agus.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung kepada Bupati Pasaman, Sabar AS, di Kantor BPK Perwakilan Sumbar pada Jumat, 17 Mei 2024.

Prestasi pengelolaan keuangan ini merupakan yang ke-11 kalinya diraih oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman dari BPK RI.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Kepala BPK RI Perwakilan Sumbar, Arif Agus, menjelaskan bahwa pemeriksaan dilakukan dengan mengacu pada standar akuntansi pemerintahan, efektivitas sistem pengendalian intern, dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Pasaman, termasuk implementasi rencana aksi yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah, BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian atas Laporan Keuangan tersebut,” ujarnya.

Bupati Pasaman, Sabar AS, mengungkapkan bahwa opini WTP ini merupakan bukti pertanggungjawaban atas pengelolaan keuangan negara.

Ia juga mengapresiasi kerja keras seluruh kepala OPD dan jajarannya yang telah berkontribusi dalam mempertahankan opini WTP selama 11 tahun berturut-turut sejak 2013.

“Untuk mempertahankan capaian opini WTP dari BPK bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan konsistensi, kebersamaan, tata kelola keuangan yang baik, serta kesungguhan untuk mematuhi aturan yang berlaku,” ungkap Sabar.

Ketua DPRD Pasaman yang diwakili Wakil Ketua II, Yasri, juga mengapresiasi prestasi Pemerintah Kabupaten Pasaman di bawah kepemimpinan Sabar AS.

“Saya telah mengambil penghargaan WTP ini sebanyak 8 kali, 7 kali sebagai Ketua DPRD dan 1 kali sebagai Wakil Ketua,” kata Yasri.

Amdarisman, Kepala Inspektorat Kabupaten Pasaman, menambahkan bahwa penerimaan opini WTP ini yang ke-11 kali menunjukkan soliditas dan kerjasama semua pihak, lembaga, dan OPD.

Ia berharap kinerja Pemerintah Daerah Pasaman semakin baik dan masyarakat semakin sejahtera ke depannya.

“Terima kasih atas kerjasama semua pihak, semoga kedepannya Kabupaten Pasaman semakin maju dan lebih baik,” tuturnya.

(UN)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait