Jelang Idul Adha, Polda Sumbar Imbau Warga Waspadai Pencurian Ternak

Jelang Idul Adha, Polda Sumbar Imbau Warga Waspadai Pencurian Ternak

TOPSUMBAR – Menjelang perayaan Idul Adha atau Hari Raya Qurban, kepolisian mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi pencurian ternak yang cenderung meningkat pada momen ini.

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Dwi Sulistyawan, S.Ik, menyampaikan bahwa permintaan terhadap hewan qurban yang semakin tinggi dapat memicu peningkatan aktivitas kriminal, termasuk pencurian ternak.

“Kami mengajak masyarakat, terutama peternak dan pemilik ternak, untuk lebih waspada dan memperketat pengamanan terhadap hewan ternak mereka,” kata Kombes Pol Dwi Sulistyawan pada Kamis, 30 Mei 2024.

Bacaan Lainnya

Dirinya menekankan pentingnya untuk memastikan kandang ternak dalam kondisi terkunci dan diawasi secara ekstra, terutama pada malam hari.

Selain itu, untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), pihak kepolisian telah meningkatkan patroli di area rawan pencurian ternak.

“Kami juga mengimbau masyarakat untuk segera melaporkan setiap aktivitas mencurigakan kepada pihak berwenang. Informasi dari warga sangat penting untuk mencegah dan menangani aksi kriminal ini,” tambahnya.

Kombes Pol Dwi Sulistyawan memberikan beberapa tips untuk mencegah pencurian ternak, antara lain memastikan kandang ternak memiliki kunci yang kuat dan sulit dibobol, memberikan penerangan yang cukup di sekitar area kandang, serta melakukan pemeriksaan rutin terhadap kondisi ternak dan lingkungan sekitar kandang.

“Jika memungkinkan, gunakan CCTV atau alarm untuk meningkatkan keamanan,” sarannya.

Selain itu, dirinya juga mengingatkan masyarakat untuk tidak membeli hewan ternak dari sumber yang tidak jelas atau tanpa dokumen yang lengkap, karena hal tersebut dapat memperkuat jaringan pencurian ternak.

“Diharapkan masyarakat lebih waspada dan proaktif dalam melindungi ternak mereka, agar perayaan Idul Adha dapat berlangsung dengan aman dan lancar,” tutupnya.

(RA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait