Hertati Taher Hadiri Wisuda 348 Taruna/Taruni SMKN 3 Pariaman, Tingkatkan Prestasi dan Masa Depan Cerah

Hertati Taher Hadiri Wisuda 348 TarunaTaruni SMKN 3 Pariaman, Tingkatkan Prestasi dan Masa Depan Cerah

TOPSUMBAR – Staf Ahli Wali Kota Pariaman bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Kemasyarakatan, Hertati Taher, menghadiri upacara wisuda taruna/taruni SMKN 3 Pariaman pada Selasa, 22 Mei 2024.

Acara yang berlangsung meriah ini dihadiri oleh para siswa, orang tua, dan sejumlah pejabat pendidikan Kota Pariaman.

Dalam sambutannya, Hertati Taher menekankan komitmen Pemerintah Kota Pariaman terhadap pendidikan.

Bacaan Lainnya

“Pemerintah Kota Pariaman sangat memperhatikan sektor pendidikan karena kami memahami bahwa pendidikan merupakan salah satu cara efektif untuk mengurangi kemiskinan,” ujarnya.

Ia juga menyinggung program unggulan Pemko Pariaman, yaitu kewajiban belajar 12 tahun bagi seluruh anak di kota tersebut, yang dilanjutkan dengan program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja).

“Melalui Perda Kota Pariaman, kami memastikan semua anak-anak Kota Pariaman wajib belajar 12 tahun. Setelah itu, mereka bisa melanjutkan ke perguruan tinggi melalui program Saga Saja,” jelasnya.

Hertati Taher menambahkan bahwa biaya pendidikan dari tingkat SD hingga SMA ditanggung oleh Pemko Pariaman, meskipun SMA/SMK berada di bawah naungan Provinsi Sumatera Barat.

“Kami juga memberikan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) kepada Provinsi Sumbar untuk memastikan semua pelajar SMA/SMK di Kota Pariaman dapat bersekolah tanpa biaya,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Hertati juga mengapresiasi prestasi para taruna/taruni yang diwisuda.

“Sebanyak 17 taruna berhasil diterima di berbagai perguruan tinggi negeri melalui program Saga Saja dengan jurusan favorit yang sesuai dengan kompetensi mereka. Sementara itu, 18 taruna sedang berusaha menembus formasi TNI/Polri tahun ini, 125 taruna telah lulus untuk bekerja di Jepang, dan 12 taruna telah diterima di BPN,” paparnya.

Kepala Sekolah SMKN 3 Pariaman, Indra Jasman, mengumumkan bahwa tahun ini 348 taruna dan taruni yang berasal dari enam program keahlian telah diwisuda.

“Kompetensi yang ditawarkan meliputi Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI), Teknika Kapal Penangkap Ikan (TKPI), Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU), Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Agribisnis Perikanan (AGP), dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL),” jelasnya.

Acara wisuda tersebut berlangsung dengan penuh rasa bangga dan haru, menandai pencapaian penting dalam perjalanan pendidikan para taruna/taruni SMKN 3 Pariaman.

(Zaituni)

Pos terkait