Gubernur Sumbar Lantik Suprayitno sebagai Pj Wako Payakumbuh Gantikan Jasman

Gubernur Sumbar Lantik Suprayitno sebagai Pj Wako Payakumbuh Gantikan Jasman

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, resmi melantik Ir. Suprayitno, MA sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota (Wako) Payakumbuh pada Senin, 27 Mei 2024.

Suprayitno terpilih sebagai Pj Wako Payakumbuh menggantikan Jasman yang masa jabatannya telah berakhir.

Acara pelantikan tersebut berlangsung di Auditorium Gubernuran Sumbar dan dihadiri oleh Bupati dan Wali Kota se-Sumbar, Forkopimda Kota Payakumbuh.

Bacaan Lainnya

Kemudian Sekda Kota Payakumbuh, Asisten, Kepala OPD, Kepala BPS Kota Payakumbuh, Kepala Bank Nagari Payakumbuh, Ketua KPU Kota Payakumbuh, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Mahyeldi menyampaikan harapannya agar Suprayitno dapat menjalankan tugas serta tanggung barunya dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab.

“Selamat kepada Saudara Suprayitno atas terpilihnya sebagai Pj Wako Payakumbuh. Kita berharap Saudara Suprayitno dapat menjalankan amanah yang telah diterima dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggungjawab,” ucap Mahyeldi.

Pelantikan Suprayitno sebagai Pj Wako tersebut didasarkan pada ketentuan Pasal 14 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2023.

Dalam ketentuan tersebut, Suprayitno yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah II di Kementerian Dalam Negeri, akan menjabat sebagai Pj Wako Payakumbuh untuk masa jabatan paling lama satu tahun sejak tanggal pelantikan.

Pada kesempatan itu, Mahyeldi juga menegaskan bahwa meskipun jabatan Pj Wali Kota bersifat sementara, tanggung jawab yang diembannya sangatlah besar.

Tugas utama Suprayitno ialah untuk memastikan kelancaran roda pemerintahan Kota Payakumbuh serta menjaga kondusifitas pelaksanaan Pemilihan Serentak Nasional Tahun 2024 dan menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Untuk saat ini, Pj Wako juga diberi tugas untuk memfasilitasi dan menjaga kondusifitas pelaksanaan Pemilihan Serentak Nasional Tahun 2024 serta menjaga netralitas ASN,” jelas Mahyeldi.

Menurut Mahyeldi, penunjukan Suprayitno didasarkan pada pengalamannya yang luas, kemampuan kepemimpinan, kredibilitas, serta kemampuan berkoordinasi dengan berbagai instansi pemerintahan.

“Saya yakin dan percaya, Saudara Suprayitno dapat melaksanakan tanggung jawab ini dengan sebaik-baiknya, sehingga akan mempercepat pembangunan Kota Payakumbuh,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Mahyeldi juga memberikan apresiasi kepada Jasman atas dedikasinya selama menjabat sebagai Pj Wako Payakumbuh.

Jasman dinilai telah memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Provinsi Sumatera Barat secara keseluruhan.

“Atas nama Pemerintah Daerah dan Masyarakat Sumbar, kami mengucapkan selamat mengakhiri tugas sebagai Pj Wako Payakumbuh kepada saudara Jasman,” tambahnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Saudara Jasman yang telah berkontribusi positif dalam memajukan daerah yang kita cintai. Terus lanjutkan perjalanan yang panjang ini, semoga meraih kesuksesan di jabatan yang sekarang. Kepada Saudara Suprayitno, kami berharap agar dapat melanjutkan pencapaian yang telah dirintis oleh pemimpin terdahulu. Semoga dapat memajukan Kota Payakumbuh hingga kedepan,” ucap Mahyeldi.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait