Enam Fakta Tentang Gedung DPR RI

Enam Fakta Tentang Gedung DPR RI (Foto: dok.istimewa)

TOPSUMBAR – Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) adalah simbol kekuasaan rakyat (legislatif), yang menjadi bagian dari Trias Politika (legislatif, eksekutif, yudikatif).

Gedung DPR beralamat di Senayan, Jakarta juga berfungsi sebagai gedung MPR dan DPD, namun secara umum lebih sering disebut gedung DPR saja.

Sebagai tempatnya wakil rakyat melaksanakan tugas, ada beberapa hal yang patut diketahui dari gedung DPR.

Berikut disajikan enam fakta tentang gedung DPR yang perlu diketahui oleh rakyat, sebagai pemegang tertinggi kedaulatan negara.

1. Dibangun Pada Masa Orde Lama

Gedung DPR mulai dibangun pada tanggal 8 Maret 1965, dimasa Presiden Sukarno dengan arsitek yaitu Soejoedi Wirjoadmodjo.

2. Diresmikan Pada Masa Orde Baru

Gedung DPR diresmikan pada tanggal 1 Pebruari 1983, semasa Presiden Soeharto.

3. Memiliki Lima Bangunan Gedung

Gedung DPR memiliki lima bangunan yang terdiri dari Gedung Nusantara I, Gedung Nusantara II,Gedung Nusantara III, Gedung Nusantara IV dan Gedung Nusantara V.

4. Tempat Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

Gedung DPR adalah tempat dilantiknya presiden dan wakil presiden. Bahkan sebelum pemilihan langsung oleh rakyat melalui Pilpres, dulunya pemilihan presiden dan wakil presiden juga dilakukan di gedung DPR.

5. Melayani Kunjungan Rakyat

Sebagai gedung milik rakyat, DPR juga bisa dikunjungi oleh rakyat, setelah mengajukan permohonan melalui surat elektronik dan disetujui oleh sekretariat jenderal sebagai pengelola gedung DPR.

Selama berada di kompleks gedung DPR, pengunjung akan didampingi oleh staff guna memperoleh penjelasan dan dibolehkan mengabadikan kunjungan melalui dokumentasi, baik foto maupun video pada spot-spot tertentu.

6. Memiliki Masjid dan Toko Souveir

Didalam kompleks DPR juga terdapat sebuah masjid yang bernama Masjid Baiturrahman. Bentuk atap Masjid Baiturrahman terbilang unik, yakni menyerupai Bunga Tanjung.

Kemudian juga terdapat toko souvenir yang dikelola oleh Dharma Wanita Sekretariat Jenderal DPR. Toko itu menyediakan aneka jenis souvenir, mulai dari dompet, gantungan kunci, baju, jaket, batik, kain tenun, gelas dan jam dinding yang kesemuanya berlogo DPR.

Itulah beberapa fakta mengenai gedung DPR yang sayang untuk dilewatkan begitu saja jika berkunjung ke Jakarta, karena sebentar lagi DPR akan turut berpindah ke Ibukota Nusantara (IKN) di Pulau Kalimantan.

(AG)

Pos terkait