Dorong Ekonomi Kreatif, Disnakerperin Kota Payakumbuh Gelar Pelatihan Dasar Make-Up Artis

Dorong Ekonomi Kreatif, Disnakerperin Kota Payakumbuh Gelar Pelatihan Dasar Make-Up Artis

TOPSUMBAR – Setelah melalui proses pendaftaran dan seleksi dari Januari hingga Februari 2024 lalu, sebanyak 32 perempuan berhasil lolos untuk mengikuti pelatihan dasar make-up artis yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh.

Pelatihan ini dibagi menjadi dua gelombang yang bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Gelombang pertama, terdiri dari 16 peserta, berlangsung dari 29 April hingga 27 Mei 2024 yang diadakan di aula pelatihan BLK Provinsi Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Disnakerperin, para pejabat, dan tamu undangan lainnya pada Senin, 27 Mei 2024.

Sekretaris Disnakerperin, Donisa Putra, yang mewakili Kepala Disnakerperin, menyatakan bahwa tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan keterampilan di bidang tata rias wajah serta mendorong kemandirian ekonomi masyarakat Kota Payakumbuh.

“Jika sebelumnya para peserta hanya melakukan make-up untuk diri sendiri, ke depannya mereka dapat menjadikan tata rias atau make-up artis ini sebagai profesi,” kata Donisa Putra, yang akrab disapa Doni.

Doni menambahkan bahwa pelatihan ini diharapkan dapat menekan angka pengangguran di Kota Payakumbuh.

Dengan meningkatkan keterampilan masyarakat di bidang tata rias, diharapkan mereka dapat berdaya saing serta mendapatkan penghasilan.

Sedangkan Gelombang kedua pelatihan akan berlangsung dari 30 Mei hingga 24 Juni 2024 mendatang, dengan setiap gelombang mendapatkan 20 hari pelatihan atau total 160 jam pelajaran.

Selain itu, Disnakerperin Kota Payakumbuh juga menghadirkan make-up artis profesional untuk memastikan peserta mendapatkan ilmu maksimal dalam tata rias wajah.

Target pelatihan ini adalah mencetak calon beautypreneur yang siap menggeluti usaha tata rias wajah. Selain pelatihan make-up dasar, Disnakerperin Kota Payakumbuh juga akan mengadakan lima kategori pelatihan lainnya hingga akhir 2024, yaitu pelatihan menjahit dasar, prosesing roti dan kue, service HP, dan barber shop.

Doni mengungkapkan bahwa peserta untuk pelatihan selanjutnya telah di seleksi pada Januari lalu, sehingga pelatihan tinggal dilaksanakan sesuai jadwal.

Salah satu peserta pelatihan make-up artis, Savera, menyampaikan rasa syukurnya atas kesempatan mengikuti pelatihan ini.

“Saya sangat bersyukur bisa mengikuti pelatihan make-up dasar dari Disnakerperin Payakumbuh yang bekerja sama dengan BLK Provinsi ini. Tidak semua orang memiliki kesempatan seperti ini, dan semoga kita semua sukses,” tuturnya.

Pada hari terakhir pelatihan, para peserta diharuskan menampilkan hasil karya mereka dengan membawa seorang model untuk memperagakan hasil tata rias wajah dengan tema pengantin Minang.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait