Deklarasi ODF di Lima Puluh Kota, Bupati Optimis 79 Nagari Harus Bebas dari Buang Air Besar Sembarangan

Deklarasi ODF di Lima Puluh Kota, Bupati Optimis 79 Nagari Harus Bebas dari Buang Air Besar Sembarangan

TOPSUMBAR – Akselerasi perwujudan 100% Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan di 79 Nagari di Lima Puluh Kota sangat dibutuhkan untuk membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan Kabupaten sehat.

Komitmen yang kuat dari pemerintahan nagari, kecamatan hingga masyarakat diharapkan mampu menjadikan Kabupaten Lima Puluh Kota sehat dengan predikat Swasti Saba Wistara (100% nagari ODF).

Deklarasi ODF di Kecamatan Akabiluru, yang dibacakan oleh Camat Akabiluru dan diikuti oleh Wali Nagari, Bamus, Wali Jorong, Pemerintah Nagari, dan masyarakat, bertujuan menciptakan lingkungan yang sehat dan berkualitas.

Bacaan Lainnya

Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin dalam sambutannya pada deklarasi di Kantor Camat Akabiluru, Selasa 21 Mei 2024, menegaskan pentingnya akselerasi ini.

Dalam sambutannya, Safaruddin mengajak masyarakat untuk menyadari pentingnya tidak buang air besar sembarangan (BABS), yang dapat mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat.

“BABS memicu sejumlah penyakit dan menimbulkan pencemaran lingkungan. Faktor lingkungan adalah salah satu indikator kesehatan. Kami mengajak masyarakat untuk berperilaku hidup sehat dalam mewujudkan Kabupaten Limapuluh Kota yang sehat,” ujarnya.

Selain itu, Bupati juga berterima kasih kepada Baznas Lima Puluh Kota atas kontribusinya dalam membantu masyarakat kurang mampu untuk memiliki jamban sehat dan bersinergi menjaga kesehatan lingkungan dengan 5 pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Yulia Masna mengatakan bahwa Kecamatan Akabiluru menjadi yang pertama di Lima Puluh Kota dalam mencapai 100% ODF.

“Kami bersama jajaran hingga Juni nanti menargetkan 65 nagari atau 80% dari total nagari sudah mendeklarasikan stop buang air sembarangan,” jelasnya.

Dengan komitmen bersama Puskesmas, Camat, Nagari, dan para kader, ia optimis target yang telah diberikan oleh Bupati Lima Puluh Kota akan tercapai.

Turut hadir dalam deklarasi tersebut Kepala Dinas Kesehatan Yulia Masna, Ketua Baznas Limapuluh Kota Yulius, Camat Akabiluru Yalabaku Jevino beserta unsur Forkopimca, seluruh Wali Nagari di Kecamatan Akabiluru, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait