Bupati Solok Kirim Tim dan Satu Ekskavator untuk Bantu Korban Banjir Bandang di Kabupaten Agam

Bupati Solok Kirim Tim dan Satu Ekskavator untuk Bantu Korban Banjir Bandang di Kabupaten Agam

TOPSUMBAR – Bupati Solok, Epyardi Asda telah menugaskan tim darurat beserta satu unit ekskavator dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok untuk memberikan bantuan kepada korban banjir bandang di Kabupaten Agam.

Tim yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Tagana, dan Dinas Sosial (Dinsos) Solok, diberangkatkan pada Minggu malam, 12 Mei 2024 untuk memberikan bantuan pasca bencana dan membantu membangun dapur umum.

Irwan Efendi, Kepala BPBD Kabupaten Solok, mengatakan bahwa sesuai arahan Bupati Solok, tim darurat tersebut dikerahkan untuk membantu masyarakat Agam yang terdampak bencana alam.

Bacaan Lainnya

“Kami dari tim Kabupaten Solok berangkat malam ini menuju Kabupaten Agam. Kami telah berkoordinasi dengan posko utama BPBD setempat yang berlokasi di SD Negeri 08 Bukik Batabuah, Agam,” ujar Irwan Efendi.

Muliadi Marcos, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Solok, menyatakan bahwa ia bersama tim akan membuka dapur umum di lokasi yang telah ditentukan.

“Kami akan membuka dapur umum dan juga menyediakan paket bantuan berupa pakaian layak pakai yang akan kami bagikan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Solok, Effia Vivi Fortuna, mengungkapkan bahwa satu unit alat berat akan diberangkatkan pada Senin, 13 Mei 2024 ke lokasi bencana.

“Meskipun kami memiliki cukup banyak alat berat di Kabupaten Solok, namun karena banyak yang sedang digunakan, yang siap digunakan saat ini hanya satu unit yang berada di Saniang Baka,” jelasnya.

Effia menambahkan bahwa alat berat tersebut adalah jenis ekskavator yang dapat membantu dalam membersihkan material dan melakukan pencarian jika diperlukan.

“Ekskavator merupakan alat berat yang kami kirimkan. Meskipun mungkin akan sedikit terlambat karena harus diangkut menggunakan truk khusus, namun yang pasti, alat berat kami siap membantu saudara-saudara kami yang terdampak musibah,” tandasnya.

(BY)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait