Bupati Pasaman Barat Luncurkan Program UHC, Masyarakat Beri Respon Positif

Bupati tinjau pelaksanaan UHC di salah satu pusat kesehatan di Pasbar (Dok.Istimewa)

TOPSUMBAR – Masyarakat mengapresiasi program universal health coverge (UHC) yang diluncurkan Bupati Pasaman Barat, H. Hamsuardi. S. Ag. Karena, sudah meringankan beban masyarakat.

UHC merupakan program berobat gratis di seluruh fasilitas kesehatan yang bermitra dengan BPJS. Seluruh masyarakat hanya cukup menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) sebagai warga Pasaman Barat ketika berobat, mereka tidak akan dipungut biaya sepeserpun.

“Saya sangat mengapresiasi terobosan dari Bupati Pasaman Barat, H. Hamsuardi yang telah memberikan program layanan gratis bagi warga Pasaman Barat, utamanya warga yang tidak tercover dalam BPJS,” ujar salah seorang kepala Jorong di Kecamatan Lembah Melintang, Yulian Delon, S. Sy kepada topsumbar.co.id, Jum’at (31/5/2024).

Bacaan Lainnya

Ia menambahkan, UHC merupakan terobosan luar biasa dari Pemkab Pasaman Barat, karena manfaatnya akan dirasakan langsung oleh masyarakat. Apalagi, pihaknya sejauh ini kebingungan untuk menfasilitasi masyarakat yang tidak terdaftar dalam BPJS.

“Saya berdoa agar Bapak Bupati selalu diberikan kesehatan dan dapat terus memberikan layanan terbaik untuk masyarakat. Saya sangat bersyukur, sekarang masyarakat hanya perlu membawa KTP dan Kartu Keluarga untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis,” ujarnya.

Lebih dijelaskannya, program UHC ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, selain itu dapat mempermudah kerja pemerintah terendah seperti kami ini dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada warganya.

Sebelumnya, warga harus menggunakan surat keterangan tidak mampu saat berobat di fasilitas kesehatan.

“Program UHC ini sangat baik, karena mengatasi masalah biaya pengobatan yang selama ini menjadi kendala bagi masyarakat,” jelasnya.

Dikatakannya, program ini menjadi solusi terbaik pemerintah kabupaten dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat, karena masyarakat tidak perlu takut untuk berobat lantaran tidak memiliki biaya.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Bupati atas solusi kesehatan di Pasaman Barat. Program ini sangat membantu dan memudahkan tugas kami dalam bidang kesehatan. Kami berharap Bapak Bupati selalu diberi kesehatan dan kekuatan,” ujarnya.

Secara terpisah, Kepala UPT Puskesmas Sungai Aur, Ns. Yenita, S. Kep sesuai keterangannya di akun facebook Dinas Sosial Pasaman Barat menyampaikan bahwa, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sungai Aur telah menjalankan program layanan Universal Health Converage (UHC), dan dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat setempat.

“Alhamdulillah Puskesmas Sungai Aur melaksanakan program UHC hingga saat ini. Sudah banyak keluarga di Kecamatan Sungai Aur yang menerima manfaat program kesehatan gratis tersebut,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan program layanan UHC, cukup membawa KTP dan KK yang berdomisili di Kabupaten Pasaman Barat.

“Program UHC ini sudah banyak membantu masyarakat di Kabupaten Pasaman Barat, khususnya di Kecamatan Sungai Aur. Karena, syaratnya mudah hanya membawa KTP dan KK saat ingin berobat atau periksa,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Pasaman Barat H. Hamsuardi menyatakan, program UHC diberlakukan sebagai upaya meningkatkan kesehatan bagi semua warga.

“Melalui program ini, maka semua warga Kabupaten Pasaman Barat yang tersebar di 80 Nagari/desa di 11 kecamatan sudah bebas biaya berobat di semua layanan kesehatan,” tegasnya.

Bupati menegaskan, saat ini penduduk Kabupaten Pasaman Barat yang berjumlah 445.439 jiwa ini tidak perlu lagi khawatir untuk mendapatkan kesehatan, karena mereka bisa berobat secara gratis.

“Melalui program UHC ini, warga yang sakit cukup menunjukkan KTP elektronik dan KK kepada petugas, baik di Puskesmas, klinik, maupun di rumah sakit,” pungkasnya.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait