Bupati Padang Pariaman Serahkan Bantuan untuk Korban Bencana di Agam, Tanah Datar, dan Padang Panjang

Bupati Padang Pariaman Serahkan Bantuan untuk Korban Bencana di Agam, Tanah Datar, dan Padang Panjang

TOPSUMBAR – Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, didampingi Ketua DPRD Padang Pariaman Arwinsyah menyerahkan bantuan untuk korban banjir bandang dan galodo pada Senin, 28 Mei 2024.

Bantuan tersebut diberikan di tiga wilyah Sumbar yakni, Kabupaten Agam, Tanah Datar, dan Kota Padang Panjang.

Dalam kunjungan itu, selain didampingi Ketua DPRD Padang Pariaman, turut hadir juga Sekretaris Daerah (Sekda) Rudy Repenaldi Rilis, serta kepala perangkat daerah se-Padang Pariaman.

Bacaan Lainnya

Saat mengunjungi lokasi korban bencana, Suhatri Bur menyampaikan rasa empati dan belasungkawa mendalamnya kepada para korban bencana.

“Musibah bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Kabupaten Padang Pariaman juga rawan bencana, sehingga kami turut merasakan penderitaan para korban,” ungkap Suhatri Bur.

Sebagai wujud kepeduliannya, Kabupaten Padang Pariaman turut berpartisipasi dalam mengevakuasi korban bencana di beberapa wilayah terdampak di Sumatera Barat.

Berdasarkan laporan Tim Penanganan Bencana Padang Pariaman per 16 Mei 2024, sebanyak 14 korban telah ditemukan dan teridentifikasi meninggal dunia, dengan 12 korban dari Padang Pariaman dan 2 korban dari Padang Panjang. Sementara itu, 4 orang masih dalam pencarian.

Suhatri Bur juga menegaskan bahwa pemerintah hadir untuk memberikan semangat kepada masyarakat terdampak agar bisa bangkit dan pulih seperti sediakala, baik dari segi masyarakat maupun infrastruktur.

“Atas nama masyarakat Padang Pariaman, kami menyampaikan belasungkawa dan turut berduka cita yang mendalam kepada keluarga yang kehilangan anggota keluarganya. Innalillahi Wainnailaihi Raji’un,” tuturnya.

Selain menyampaikan duka cita, Suhatri Bur bersama rombongan menyerahkan donasi dari Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Padang Pariaman yang dikumpulkan secara gotong royong.

“Semoga bantuan ini bisa menjadi pelipur lara. Cepat pulih dan bangkit kembali untuk Padang Panjang, Tanah Datar, dan Agam,” ujar Suhatri Bur.

Penyerahan bantuan diawali dengan kunjungan ke posko penanggulangan bencana Padang Panjang, dan diterima langsung oleh Plh. Wali Kota (Wako) Padang Panjang, Winarno.

Setelah itu, rombongan bertolak ke Kabupaten Tanah Datar dan mengunjungi camp pengungsian di nagari Rambatan, serta posko utama di Pendopo Bupati Tanah Datar, Istana Indah Jalito.

Kunjungan terakhir adalah ke posko penanggulangan bencana Kabupaten Agam di Sungai Pua.

Bupati dan Wali Kota daerah terdampak menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kehadiran Bupati Padang Pariaman beserta rombongan. Kehadiran tersebut dianggap sebagai semangat baru untuk pulih dan bangkit.

Adapun total donasi yang diserahkan senilai Rp 300 Juta serta paket pakaian baru untuk para pengungsi.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait