Bupati Lima Puluh Kota Buka Kegiatan Tutup Tahun 2023/2024 PAUD di Kecamatan Luak

Bupati Lima Puluh Kota Buka Kegiatan Tutup Tahun 2023/2024 PAUD di Kecamatan Luak

TOPSUMBAR – Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin membuka kegiatan tutup tahun ajaran 2023/2024 PAUD pada Rabu, 29 Mei 2024.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD se-Kecamatan Luak, di Halaman Kantor Wali Nagari Tanjung Haro Sikabu-Kabu Padang Panjang (Sitapa).

Dalam sambutannya, Safaruddin menegaskan bahwa masa pertumbuhan anak usia dini memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kualitas sumber daya manusia di masa depan.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, pada usia dini, otak anak berkembang dengan pesat dalam menyerap informasi dari lingkungannya.

Oleh karena itu, perkembangan anak usia dini harus dilakukan secara holistik dan integratif untuk memenuhi kebutuhan esensial mereka.

“Terselenggaranya kegiatan ini bukan hanya sebagai ajang unjuk kebolehan dan meningkatkan kreativitas anak usia dini. Namun kegiatan ini juga sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan partisipasi keluarga serta masyarakat akan pentingnya program pendidikan usia dini,” ucapnya.

Dalam acara yang meriah tersebut, Safaruddin didampingi Bunda PAUD Lima Puluh Kota, Nevi Safaruddin, Camat Luak Abrar.

Kemudian Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga yang diwakili oleh Kabid PAUD Wandi, serta diikuti oleh sekitar 400 siswa PAUD dari empat Nagari di Kecamatan Luak.

Dengan didampingi orang tua dan guru PAUD, para siswa tampak bersemangat mengikuti berbagai macam lomba, termasuk mewarnai, lomba tahfidz, serta lomba pakaian adat tradisional, seperti baju kuruang basiba dan baju taluak balango.

“Generasi muda adalah aset bangsa yang harus dijaga, dirawat, dan diarahkan dengan penuh kasih sayang. Melalui kegiatan ini, kami berharap anak-anak dapat mendapatkan ilmu pengetahuan serta membentuk karakter Akhlakul Karimah demi mewujudkan Indonesia emas 2045,” tambah Safaruddin.

Selain itu, Safaruddin juga mengapresiasi peran guru-guru PAUD yang telah berdedikasi dalam membimbing dan memberikan ilmu pengetahuan kepada anak-anak.

Ia juga berpesan kepada orang tua untuk mendidik anak-anak dengan kasih sayang dan memastikan rumah menjadi tempat pendidikan yang baik.

Kemudian, ia juga menekankan pentingnya peran semua pihak dalam memberikan pelayanan pendidikan secara optimal kepada anak-anak.

“Upaya membangun karakter anak merupakan kewajiban berkelanjutan, dan hasilnya akan terlihat dalam beberapa dekade mendatang,” tambahnya.

Sebelumnya, Bunda PAUD Lima Puluh Kota, Nevi Zulvia, mengapresiasi penyelenggaraan acara kegiatan tutup tahun ajaran 2023/2024 seluruh PAUD se-Kecamatan Luak.

Ia juga menyampaikan terima kasih atas perhatian besar yang ditunjukkan oleh Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota.

“Kami berharap kegiatan ini akan menghasilkan siswa-siswi PAUD yang maju, bermartabat, berkarakter, berakhlak mulia, serta mencintai dan mengamalkan Al-Qur’an hingga dewasa nanti,” tutupnya.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait