Bupati Lima Puluh Kota Buka Bimtek ARKAS 2024 yang Diselenggarakan oleh Disdikbud Lima Puluh Kota

Bupati Lima Puluh Kota Buka Bimtek ARKAS 2024 yang Diselenggarakan oleh Disdikbud Lima Puluh Kota

TOPSUMBAR – Dalam mencapai pengelolaan dana BOSP (Bantuan Operasional Satuan Pendidikan) yang fleksibel, efektif, efisien, akuntabel, dan transparan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lima Puluh Kota melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Arkas (Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) pada Selasa sore, 28 Mei 2024, di Ballroom Triple Tree Hotel.

Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh seluruh Kepala Sekolah SMP dan Bendahara sekolah di wilayah tersebut dan dibuka langsung oleh Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin.

Bimtek ini akan berlangsung selama dua hari dan dihadiri oleh unsur Kejaksaan Negeri Payakumbuh, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Afri Efendi, serta Kepala Badan Keuangan Win Hari Endi.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Safaruddin menekankan pentingnya pertanggungjawaban dalam pengelolaan dana BOSP.

“Pemerintah pusat telah memberikan alokasi anggaran yang signifikan untuk pendidikan, salah satunya melalui program dana BOSP. Program ini bertujuan untuk mendukung pendanaan biaya operasional bagi satuan pendidikan, bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) non fisik. Ini sejalan dengan perhatian Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota dan visi misi kami untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang madani, beradat, dan berbudaya,” ujar Safaruddin.

Ia juga menekankan bahwa penggunaan dana BOSP harus dipertanggungjawabkan dan sesuai dengan peruntukannya. Sekolah-sekolah wajib melakukan perencanaan, penganggaran, dan pelaporan melalui aplikasi ARKAS.

“Dengan adanya Bimtek ini, saya berharap informasi tentang pengelolaan dana BOSP dapat dipahami dan dilaksanakan oleh para penanggung jawab di tingkat satuan pendidikan, sehingga tercipta persepsi yang sama dan pemahaman yang benar dalam pengelolaan dana sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Disdikbud, Afri Efendi, melaporkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan sistem aplikasi rencana kegiatan dan anggaran sekolah (ARKAS) agar satuan pendidikan dapat menggunakannya dengan mahir dalam menyusun perencanaan anggaran, penatausahaan, dan pelaporan.

“Dengan terlaksananya Bimtek ini, diharapkan satuan pendidikan dapat mengetahui keunggulan dan pembaruan pada Aplikasi ARKAS generasi keempat, serta memahami teknis penggunaan dan pengoperasiannya,” ujar Afri Efendi.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait