Bupati Lima Puluh Kota Ajak Wujudkan Misi Jangka Panjang dalam Musrenbang RPJPD 2025-2045

Bupati Lima Puluh Kota Ajak Wujudkan Misi Jangka Panjang dalam Musrenbang RPJPD 2025-2045

TOPSUMBAR – Dalam sebuah rapat koordinasi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Lima Puluh Kota tahun 2025-2045, Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin menegaskan pentingnya komitmen bersama untuk mewujudkan visi masa depan yang berkelanjutan.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula Kantor Bupati, Sarilamak pada Selasa, 28 Mei 2024, dan dihadiri oleh berbagai pihak termasuk unsur Forkopimda, para asisten, kepala perangkat daerah, dan Ketua TP PKK Nevi Safaruddin.

Dalam kesempatan tersebut, Safaruddin menyampaikan delapan misi jangka panjang RPJPD 2025-2045 yang mencakup transformasi sosial, ekonomi, tata kelola, keamanan daerah, stabilitas ekonomi, ketahanan sosial budaya, pembangunan wilayah, dan pembangunan sarana prasarana.

Bacaan Lainnya

Ia juga menyoroti pentingnya memanfaatkan bonus demografi sebagai kekuatan utama dalam menghadapi tantangan masa depan, terutama dengan cepatnya perkembangan teknologi di tingkat regional dan global.

“Untuk mencapai visi dan misi jangka panjang, pemerintah daerah telah merumuskan 17 arah pembangunan yang dibagi ke dalam 8 misi. Progres pencapaian dibuat terukur melalui 45 indikator target sasaran pokok yang diselaraskan dengan target nasional dan provinsi,” ujar Safaruddin.

“Semoga musyawarah ini menghasilkan gagasan konstruktif yang dapat menjadi landasan penting dalam menyempurnakan Rancangan RPJPD 2025-2045, RKPD 2025, dan Rembuk Stunting 2024,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bapelitbang, Gusdian Laora, menekankan bahwa Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2025 merupakan tahapan penting dalam menyusun perencanaan pembangunan daerah.

Menurutnya, forum ini merupakan wadah bagi pemangku kepentingan untuk menyusun rencana pembangunan yang menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah dengan berfokus pada kebijakan nasional dan provinsi.

“Diharapkan hasil musrenbang ini akan menghasilkan masukan dan saran dari para pemangku kepentingan pembangunan daerah serta stakeholders. Hal ini diharapkan dapat membantu dalam merumuskan perencanaan pembangunan yang didasarkan pada permasalahan dan isu strategis yang ada di daerah,” harapnya.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait