Bukittinggi Jadi Tuan Rumah Pelatihan Dokumentasi CPIB Tingkat Provinsi Sumatera Barat

Bukittinggi Jadi Tuan Rumah Pelatihan Dokumentasi CPIB Tingkat Provinsi Sumatera Barat

TOPSUMBAR – Dalam upaya meningkatkan produksi benih yang berkualitas di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Kota Bukittinggi menjadi tuan rumah Pelatihan Dokumentasi Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB).

Acara yang diselenggarakan di UPTD Balai Benih Ikan Hias (BBIH) Dinas Pertanian dan Pangan Kota Bukittinggi tersebut berlangsung pada 25-26 April 2024 dan dihadiri oleh 26 peserta.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan DPP, Hendri mengatakan bahwa peserta terdiri dari 18 Manager Pengendali Mutu (MPM)/Balai Benih Ikan (BBI) dan 7 perwakilan Unit Pembenihan Rakyat (UPR).

Bacaan Lainnya

“Mereka bertekad untuk menerapkan CPIB guna mendapatkan sertifikasi pada akhir tahun 2024,” ujar Hendri.

Pemilihan Kota Bukittinggi sebagai lokasi acara didasarkan pada keberhasilan UPTD BBIH Kota Bukittinggi dalam mendapatkan sertifikasi CPIB dengan predikat Excellent untuk komoditas ikan Nila pada tahun 2023 lalu,” jelasnya.

Hendra Gunawan, yang mewakili Kota Bukittinggi turut hadir sebagai peserta MPM dari UPTD BBIH Dinas Pertanian dan Pangan Kota Bukittinggi.

Ia mengatakan bahwa acara tersebut bertujuan bukan hanya untuk meningkatkan produksi benih yang berkualitas, namun juga mempercepat proses sertifikasi di seluruh Sumbar.

“Acara ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan produksi benih yang berkualitas, tetapi juga untuk mempercepat proses sertifikasi bagi unit perbenihan di seluruh Sumatera Barat,” pungkas Hendra.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait