Tangguh dan Mandiri, Program Pangan Keluarga Agam Melalui 10 Program Pokok PKK Dasawisma

Tangguh dan Mandiri, Program Pangan Keluarga Agam Melalui 10 Program Pokok PKK Dasawisma

TOPSUMBAR – Kabupaten Agam melaksanakan peningkatan kinerja Kelompok Dasawisma dalam mewujudkan 10 Program Pokok PKK.

Pada tahun 2023, Kabupaten Agam dengan 16 kecamatan dan 138.907 KRT membentuk 4.915 kelompok Dasawisma, melibatkan 201.195 KK.

Dengan pertumbuhan 2.257, perkembangan 1.788, dan kemajuan 870 kelompok, Kabupaten Agam mencapai peningkatan 112 kelompok dari tahun sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Hal ini diumumkan oleh Ketua TP PKK, Ny Yenni Andri Warman, dalam laporan lomba Dasawisma di Provinsi Sumatera Barat.

Penilaian lomba Dasawisma tingkat Provinsi Sumatera Barat berlangsung di Kampung Pisang, Nagari Koto Panjang Kecamatan IV Koto, Rabu 21 Februari 2024.

Menurutnya, peningkatan tersebut hasil dari berbagai upaya seperti pembinaan, rapat evaluasi, pelatihan administrasi, inovasi dengan aplikasi E-Dasawisma, serta program literasi dan ketahanan pangan.

“Dilakukan inovasi bersama Dinas KOMINFO Agam, menciptakan Aplikasi E-Dasawisma,” ungkap Ny Yenni.

“Untuk ketahanan pangan keluarga, diterapkan program menanam sayur, apotik hidup, warung hidup, pertenakan, perikanan, dan TOGA di rumah tangga,” tambahnya.

Aplikasi Mari Cegah Stunting (MACETING) menjadi langkah nyata dalam upaya pencegahan stunting di masyarakat.

Kabupaten Agam juga melibatkan P3MD dan memberikan reward untuk ketua Dasawisma berprestasi, menunjukkan komitmen pada penguatan masyarakat melalui kelompok Dasawisma sebagai agen perubahan.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait