Pemilu 2024 Tinggal Hitungan Jam, Begini Kesiapan TPS di Lubuk Basung Agam

TOPSUMBAR – Pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024 tinggal dalam hitungan jam.

Dengan kata lain, dalam hitungan jam kedepan atau bertepatan Rabu besok, (14/2/3024), Bangsa Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi Pemilu serentak di seluruh wilayah Indonesia untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, para Senator dan legislator untuk masa jabatan lima tahun kedepan.

Dalam hitungan jam kedepan para pemilih bakal datang ke tempat- tempat pemungutan suara (TPS) guna memberikan hak pilihnya.

Pemilih bakal mencoblos kandidat calon yang nama-namanya sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Tidak terkecuali di Kota Lubuk Basung, Kabupaten Agam. Tanda- tanda pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Agam khususnya di Kota Lubuk Basung sebagai pusat pemerintahan kian tampak pada hari- hari terakhir.

“Termasuk himbauan dan soaialisasi yang terus dilakukan oleh KPU Daerah kabupaten Agam dengan melibatkan pihak-pihak terkait dalam melaksanakan dan mengantisipasi gangguan yang mungkin terjadi guna menciptakan kondisi aman dan damai,” bunyi siaran pers Diskominfo Agam, Selasa malam, 13 Februari 2024, dikutip Topsumbar.co.id.

Disebutkan juga, pada Selasa sore, (13/2/2024) geliat persiapan menyambut pesta Pemilu 2024 semakin terlihat di beberapa TPS yang ada di kota Lubuk Basung.

Seperti halnya di TPS 065, 074, dan 075  yang berada di jalan utama kota Lubuk Basung,  terlihat telah menyiapkan perlengkapan- perlengkapan pencoblosan seperti pemasangan batas dan penyiapan bilik suara.

Ketua TPS 065, Ervina saat ditemui di lokasi TPS mengatakan panitia pelaksana di TPS 065 telah menyiapkan 4 bilik suara, meja pendaftaran, dan kursi tunggu yang akan dibuka pada Rabu besok dari pukul 8.00 hingga 13.00 WIB.

“Kita usahakan malam ini segala sesuatu yang diperlukan untuk penyiapan TPS bisa rampung, guna menghindari keterlambatan pelaksanaan pencoblosan pada esok hari,” ujar Vina.

Ia juga menyebutkan, jumlah pemilih yang akan menggunakan hak pilih di TPS 065 Jorong IV Surabayo Nagari Lubuk Basung berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjumlah 284 pemilih.

Kemudian, ia juga mengharapkan pemungutan suara pada esok hari dapat berjalan dengan baik, lancar, tanpa ada hambatan, dan berlangsung dengan jujur dan adil.

“Kami yang tergabung dalam kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di TPS 065 menghimbau kepada masyarakat untuk datang ke TPS guna melakukan pencoblosan dan menjaga keamanan dan ketertiban. karena suara kita menentukan masa depan bangsa,” pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang warga yang bernama Sriyuhanita yang juga terlihat dalam penyiapan TPS 065 hingga Selasa malam ini berharap pemilu 2024 dapat menghasilkan pemimpin yang amanah.

“Dan pemimpin yang bisa memperbaiki kehidupan masyarakar menjadi lebih baik di waktu yang akan datang,” katanya.

(AL)

Pos terkait